Wisata Sejarah di Gedung Juang 45 Pekanbaru

By Trip Riau  |  13 November 2015 07:11:57 WIB  |  -

Wisata Sejarah di Gedung Juang 45 Pekanbaru

Pekanbaru, tripriau.com- Gedung Juang 45 Pekanbaru dapat Anda jadikan salah satu tujuan perjalanan Anda ketika berkunjung ke Pekanbaru. Di tempat ini tersimpan berbagai peninggalan sejarah dan moumen bersejarah.

Gedung Juang 45 terletak di Jalan Jenderal Sudirman nomor 26 Pekanbaru. Lokasinya tak jauh dari bandara Sultan Syarif Kasim II dan Bandar Serai MTQ Pekanbaru. Jika dilihat dari luar, tempat ini memang terlihat sepi jika sedang tak ada kegiatan. Namun jika masuk ke dalam gedung, Anda akan menemukan beberapa peninggalan beserta gambaran perjuangan rakyat Riau dalam melawan penjajah.

Gedung Juang 45 diresmikan pertama kali pada 28 Mei 2004 oleh Presiden Republik Indonesia yang pada saat itu adalah Megawati Soekarnoputri serta pada tanggal 12 Juni 2004 diresmikan pemakaiannya oleh Gubernur Provinsi Riau, H.M. Rusli Zainal.

Gedung ini terdiri dari dua lantai. Lantai satu merupakan kantor bagi pengurus yang Dewan Harian Daerah (DHD) nya merupakan pejuang dan pelaku pada masa jajahan Belanda. Jika beruntung, Anda dapat bertemu DHD yang saat ini diketuai oleh Himron Soheman berusia 84 tahun serta merupakan pelaku sejarah Riau dan dapat bercengkrama mengenai sejarah serta perjuangan rakyat Riau dalam melawan penjajah.

Tak hanya itu, di lantai ini juga menjadi tempat penyimpanan aset peninggalan perjuangan dari 12 kabupaten/kota. Saat pertama kali memasuki gedung, akan Anda temui beberapa pajangan berupa lukisan yang menggambarkan perjuangan rakyat Riau saat dijajah. Pada setiap lukisan, di bagian bawahnya terdapat caption yang menjelaskan kejadian dalam lukisan tersebut.

Sementara, lantai II Gedung Juang 45 karena ruangannya yang cukup luas, kerap kali digunakan sebagai tempat menggelar berbagai acara seperti perpisahan siswa sekolah di Pekanbaru dan berbagai kegiatan lainnya.

Ada yang menarik dari gedung ini. Tepat di halaman gedung, terdapat satu monumen pesawat milik Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU) bernomor seri J-388. Pesawat berwarna putih, orange dan merah ini dulunya berdiri di pusat kota Pekanbaru yakni di depan Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Selain itu, dibelakang berdirinya pesawat ini juga terdapat dua tank mini pada sisi kanan dan kiri pintu masuk gedung.

Penulis : Suci Aulya

 



Tags:  -