Berburu Buku Bekas Berkualitas di Jalan Ahmad Yani

By Trip Riau  |  13 November 2015 15:02:03 WIB  |  City Guide

Pedagang buku bekas di Jalan Ahmad Yani Pekanbaru

Pekanbaru, tripriau.com- Jika ingin mendapat ilmu pengetahuan dari membaca, buku yang digunakan tak mesti baru. Di sepanjang Jalan Ahmad Yani Pekanbaru terdapat beberapa pedagang buku-buku bekas dengan harga yang sangat terjangkau.

Jangan bayangkan buku ini sudah usang atau sudah sangat lama. Disini juga akan Anda temukan buku bekas yang belum terlalu lama masa terbitnya dan bentuk bukunya pun tidak selusuh buku bekas pada umumnya.

Salah satu penjual buku bekas di Jalan Ahmad Yani ini adalah Agus. Letaknya berjualan berada tepat di persimpangan masuk ke pasar tradisional pasar kodim. Ia menjual buku-buku bekasnya hanya di halaman depan sebuah toko. Tak sulit menemukannya karena tumpukan buku-bukunya akan langsung terlihat oleh mata.

Setidaknya sebanyak lima ribu buku siap dijual oleh Agus. Bukunya pun beragam. Mulai dari majalah, komik, novel, buku-buku umum, buku pengetahuan, buku agama, buku sekolah, kamus hingga kitab suci Al-Qur’an.

Jika Anda pandai dan jeli dalam mencari, Anda akan beruntung mendapatkan buku menarik atau buku langka ditengah banyaknya tumpukan buku-buku bekas yang dijual oleh Agus.

"Buku-buku langka dan mahal itu biasanya buku pengetahuan untuk perguruan tinggi. Seperti sekarang, ada buku dan kamus untuk mahasiswa kedokteran,” terang Agus.

Agus yang kerap disapa "Bapak Komik" atau "Bapak Majalah" oleh pelanggannya ini mulai berjualan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

Sudah berjualan buku bekas sudah sejak tahun 1990 atau 25 tahun yang lalu, Agus tak pernah berpindah tempat untuk menjual buku-buku bekas ini. Buku-buku ini dijual dari harga 5 ribu hingga 30 ribu rupiah tergantung lama serta kelangkaan buku.

"Kalau beli per kilo, harganya bisa 3 ribu saja per kilo nya. Tapi ini hanya untuk buku jenis komik dan majalah,” ungkap Agus kepada tripriau.com.

Pria yang lahir 51 tahun silam ini juga mengatakan bahwa pembeli dari buku-bukuna ini berasal dari pelajar, mahasiswa bahkan tak jarang dari ibu –ibu rumah tangga. Bagi pelajar biasanya mencari bahan untuk dijadikan kliping sementara mahasiswa mencari referensi untuk bahan kuliah mereka.

Penulis: Suci Aulya

 



Tags:  -