Pemecahan Rekor Muri, Mie Sagu Mendunia

By Trip Riau  |  16 November 2015 06:47:26 WIB  |  News

Universitas Riau & BEM UR Pecahkan Rekor MURI

Pekanbaru, tripriau.com- Minggu (15/11/2015) menjadi hari bersejarah bagi Universitas Riau (UR) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau (BEM UR). Pasalnya, pada hari tersebut telah terpecahkan satu Rekor Muri dan hal ini merupakan hal perdana bagi Riau dan UR khususnya. Penganugerahan rekor ini adalah penyajian mie sagu terbanyak yakni sejumlah 2095 bungkus mie.

Kuliner khas Kepulauan Meranti ini menjadi salah menu yang dipilih BEM UR untuk memecahkan Rekor Muri Indonesia. Pemecahan rekor ini dilakukan pada hari terakhir UR Expo sekaligus menjadi puncak acara tahunan BEM UR ini.

Dimulai dari pukul 07.00 WIB yang dibuka dengan beberapa hiburan dari penonton, acara dilanjutkan dengan flashmob dari Pramuka UR. Setelah itu dilangsungkan talkshow mengenai eksplorasi pangan lokal Riau yang dalam hal ini tentu saja adalah mie sagu.

Pada pukul 09.00 WIB, dimulailah acara memasak mie sagu tersebut dimana dalam hal ini, panitia membagi tim memasak sebanyak lima tim yang seluruhnya merupakan mahasiswa UR.

"Satu tim terdiri dari 15 orang dan setiap tim dipandu oleh satu orang chef yang merupakan orang asli Kepulauan Meranti,” ujar Ketua Pelaksana UR Expo, Heldi Saputra kepada tripriau.com (15/11/2015).

Disebutkannya, ketika acara memasak berlangsung, suasana diselimuti oleh gelak tawa dari penonton yang menyaksikan. Tak hanya itu, tim yang memasakpun terlihat antusias. Anggota tim laki-laki bertugas mengaduk mie sagu didalam kuali sementara anggota perempuan menyiapkan bumbu serta keperluan sajian mie lainnya.

Acara memasak ini berakhir pukul 11.30 WIB. Pada pukul 13.30 WIB, dimulailah acara penganugerahan Rekor Muri Indonesia untuk penyajian mie sagu terbanyak ini. Sebanyak 2095 mie sagu tertata rapi di atas meja yang berada di depan panggung utama dan membentuk kalimat 'MURI BEM UR'.

Piagam pertama diserahkan Tim Penilai Rekor Muri Indonesia kepada UR sebagai pemrakarsa mie sagu terbanyak dan diterima langsung oleh Rektor UR, Prof. Dr. Ir. Arras Mulyadi, DEA. Piagam tersebut ditanda tangani oleh Ketua Rekor Muri Indonesia, Dr. Jaya Suprana.

Hal serupa yakni piagam kedua diberikan kepada BEM UR ‘Kabinet Sejuta Karya’ sebagai penyelenggara mie sagu terbanyak yang diterima langsung oleh Presiden Mahasiswa UR, Andres Pransiska.

 

"Ini merupakan pertama kalinya untuk Riau dan UR yang telah berhasil memecahkan rekor mie sagu terbanyak,” kata Andres dalam sambutannya yang disambut semarak ratusan penonton yang hadir pada siang itu.

Usai acara penganugerahan selesai, dilanjutkan dengan pembagian mie sagu gratis kepada penonton yang memiliki kupon. Kupon ini telah dibagikan sehari sebelum dicetaknya rekor.

Panitia yang mengenakan seragam kaos berwarna merah telah menunggu dan berjaga di depan panggung dimana letak tersusunnya mie sagu yang siap dibagikan. Ketika tiba waktunya pembagian mie sagu yang diinstruksikan oleh pembawa acara, sontak penonton langsung menuruni panggung, menyerbu dan memadati area depan panggung dengan antusias.

Penulis: Suci Aulya



Tags:  -