‘Cerita Baru Center’, Langkah Jitu Promosikan Potensi Wisata Riau

By Trip Riau  |  18 November 2015 17:49:56 WIB  |  News

Cerita Baru Center yang berada di Kantor Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau. Foto: Muhammad Ridho / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau menggelar launching Cerita Baru Center, Rabu (18/18/2015) pagi, dan diresmikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Cerita Baru Center merupakan pusat promosi pariwisata terpadu, dimana yang akan menerima manfaat sangat besar dari wadah ini adalah para pelaku industri pariwisata. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Untuk tahap awal, kata Fahmi- sapaan Akrab Fahmizal Usman, pihaknya akan mengawinkan tiga instrumen, yakni pertama melalui media sosial. Media sosial akan dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebab strategi promosi ini dapat menembus berbagai kalangan melalui jejaring internet.

‘’Kedua yaitu table top. Dalam hal ini kami menyediakan tempat bagi pelaku-pelaku industri yang akan menjual paket-paket pariwisatanya kepada buyer dan seller. Begitu juga pada saat expo yang ditaja oleh kementerian maupun expo yang kita lakukan di negara tetangga,’’ terang Fahmi.

Terakhir, pihaknya akan melakukan pre event atau launching tourism kementerian. ‘’Dari pihak kementerian sudah memberikan ruang kepada kita untuk mengadakan launching pariwisata ditingkat kementerian dan promosinya akan didorong kepada media-media nasional, asosiasi hingga airline yang ada di Indonesia,’’ sebutnya.

Pre event ini contohnya adalah fenomena alam Bono yang ada di Teluk Meranti, Pelalawan. Satu bulan sebelum event Bono tersebut berlangsung, akan digelar launching di Kementerian Pariwisata.

‘’Disini kita akan bercerita dan berpromosi tentang apa itu Bono,” kata Fahmi.Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melakukan konferensi pers pada launching Cerita Baru Center, Rabu (18/11), di Kantor Disparekraf Riau. Foto: Muhammad Ridho / tripriau.com

“Ini merupakan salah satu news value yang kita ambil dan kita usahakan melalui Cerita Baru Center. Melalui Cerita Baru Center, kita akan membuka ruang seluas-luasnya bagi asosiasi dan seluruh Kabupaten/Kota untuk terus mendorong potensi wisata di Provinsi Riau,” lanjut Fahmi.

Terkait nama yang disematkan dalam wadah ini, ‘Cerita Baru Center’, Fahmi menjelaskan bahwa ini merupakan cerita baru di dunia pariwisata Provinsi Riau yang belum pernah ada dan belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Kami semua berharap hal ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh Kabupaten/Kota untuk terus mempromosikan potensi wisata didaerahnya masing-masing.Sehingga, bisa dikenal oleh seluruh masyarakat dunia dan akan semakin banyak wisatawan lokal maupun internasional yang akan menyambangi Riau,” terang Fahmi yang disambut dengan tepuk tangan seluruh tamu undangan.

Tak hanya di Kantor Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saja, Cerita Baru Center juga akan membuka gerai di Bandara dengan menyediakan tourism information center.

Cerita Baru Center yang diluncurkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mendapat tanggapan postif dari Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

“Strategi kita di Pemerintah Provinsi, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait dapat saling mengisi seperti termasuk juga dalam hal kesehatan. Begitu juga dengan UMKM, beberapa kali sudah diadakan expo dan disana terlihat bahwa UMKM juga dapat dikembangkan. Souvenir atau karya lainnya bisa diisi dengan produk masyarakat kita,” kata Andi.

Andi melanjutkan, selain kerjasama dari seluruh SKPD terkait potensi pariwisata, sarana transportasi menuju Provinsi Riau dan lokasi wisata juga akan dikembangkan lebih baik lagi.

Penulis: Suci Aulya

Editor: Rio Sunera

 



Tags:  -