Kembangkan Pariwisata Riau, Andi Rahman: Kita Harus Berani

By Trip Riau  |  19 November 2015 16:47:41 WIB  |  News

Pawai budaya yang melibatkan seluruh kecamatan di daerah ini biasanya diadakan sebagai acara pembukaan event Pacu Jalur di Kuansing. Foto. tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, bahwa kita, terutama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pelaku wisata harus berani mengambil langkah dalam meningkatkan potensi pariwisata di Provinsi Riau.

“Apa yang kita punya di Provinsi Riau ini tidak kalah potensialnya dengan provinsi lain, hanya saja kita masih malu dari provinsi lain tersebut hingga kita lupa kalau kita punya potensi dibidang pariwisata. Maka dari itu kita harus berani karena kita tidak kalah dengan provinsi lain,” ungkap Andi dalam sambutannya sebelum meresmikan Cerita Baru Center, Rabu (18/11/2015), di Pekanbaru.

Riau yang terkenal sebagai pusat perkebunan dan migas, akan mengembangkan sayapnya di sektor lain yakni pariwisata terutama berbasis budaya.

“Sektor pariwisata ini nantinya kita harap perkembangannya bisa sama dengan sektor perkebunan dan migas,” imbuh Andi.

Andi juga menjelaskan, dalam pariwisata bisa melibatkan semua segi seperti transportasi, UMKM, homestay dan sebagainya. Terkait perbaikan infrastruktur pariwisata di Riau, Pemerintah Provinsi sudah memiliki anggaran untuk hal ini.

“Dengan adanya transportasi dan infrastruktur yang lancar, akses orang untuk datang ke Riau dan melihat potensi wisatanya menjadi lebih mudah. Akan lebih banyak orang yang tahu candi tertua yang ada di Riau, dimana dapat melakukan olah raga surving di sungai hingga letak adanya binatang penyu hijau,” lanjutnya.

Tempat-tempat potensi pariwisata akan lebih dikembangkan lagi. Misalnya pada objek wisata Candi Muara Takus. ‘’Kita akan mencari titik-titik pariwisata lain agar wisatawan yang datang bisa betah dan banyak yang bisa mereka ketahui. Tidak hanya datang dan melihat candi, lalu pulang,’’ katanya.

“Juga seperti di Kabupaten Siak. Dulu jalannya jelek dan yang dilhat itu hanya istana siak saja. Tidak ada yang lain. Namun sekarang, jalannya sudah bagus dan Bupati Siak pun ingin membangun tempat-tempat yang lain seperti Mesjid Islamic Center, wisata olah raga yaitu Tour de Siak dan lain-lain,’’ sebut Andi.

Akhirnya, Andi mengatakan bahwa semua hal dapat dijadikan sebagai potensi wisata. Ada ecotourism, agrotourism hingga sport tourism. Untuk agrotourism, kebun kelapa sawit juga bisa dijadikan potensi wisata.

Penulis : Suci Aulya

Editor  : Rio Sunera



Tags:  -