Begini Tantangan Para Pembalap di Etape 1 TdS 2015

By Trip Riau  |  25 November 2015 15:07:37 WIB  |  News

105 rider dari 11 tim dalam dan luar negeri akan menjajal jalanan sepanjang rute etape I sejauh 154,13 km. Foto: Humas Pemkab Siak for tripriau.com

Siak, tripriau.com - Hari ini, 105 rider dari 11 tim dalam dan luar negeri akan menjajal jalanan sepanjang rute etape I. Track balap ini dimulai dari garis start, depan Istana Asserayah El Hasyimiyah Kota Siak Sri Indrapura, menuju Kecamatan Dayun dengan berputar-putar dalam 3 lap.

Tantangan bagi para riders di etape sejauh 154,13 km yang cenderung lurus dan datar ini beda lagi.

Bukan lagi berat tanjakan atau tajamnya tikungan. Tapi tekanan angin disepanjang perjalanan yang melintasi perkebunan kelapa sawit selepas turunan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, sebagai ikon kota kebanggaan masyarakat Siak.

Erwin Anwar, Race Director Tour de Siak 2015 mengatakan, Tour de Siak ini unik. Bedanya dengan iven balap sepeda lain di Indonesia, memang karena trayeknya yang lurus dan lebar.

“Jalan Siak-Dayun itu lurus, sekilas kelihatan mudah, tapi jangan lupa kalau jalan lebar dua jalur itu tekanan anginnya tinggi. Apalagi pembalap yang ada di depan, perlu tenaga ekstra membelah angin di depan,” ceritanya.

Pria yang sudah kali ketiga menjabat penanggungjawab teknis iven balap sepeda di negeri istana ini bercerita, Siak yang punya infrastruktur jalan lurus dan bagus adalah syurga bagi para pembalap sprinter.

“Kalau mereka jeli dan pandai atur strategi, misalnya menerapkan taktik bergantian jadi leader team di depan, kemungkinan besar mereka akan menang. Semacam taktik hemat energi begitu. Dan Tim Trengganu kemungkinan kuat akan menguasai medan, karena sprinter mereka bagus-bagus,” kata pengurus PB ISSI pusat ini.

“Kalau pas hujan tantangannya nambah lagi, uap dan percikan air dari putaran ban rekan satu tim didepan bisa mengganggu pandangan pembalap juga. Apalagi kalau pakai kacamata, bisa berembun dan mengganggu. Itu juga tantangannya,” tutupnya.

Tepat pukul 09.00 Wib Rabu (25/11/15) pagi, seluruh pembalap melakukan start semu.

Setelah dilepas Kasrem 031 Wirabima didampingi Bupati Siak Syamsuar dan Wakil Bupati Siak Alfedri, ditemani jajaran Forkompinda Kabupaten Siak.

Kalau tak ada aral melintang, tepat pukul 12.30 Wib siang, para pembalap yang tergabung dalam Tim CCN Cycling Team, Puslatda Jatim, Custom Cycling Club, BSP Siak, National Team Indonesia, Siak Cyscling Team, KFC, NSC Malaysia, CEBU Cycling Philiphines, ISSI Jakarta, dan Persatuan Lumba Basikal Terangganu, akan finish di Raja Kecik depan RSUD Tengku Rafi’an Siak Sri Indrapura.(rls)

Penulis : Rio Sunera



Tags:  -