Belajar Hidroponik di Hidroponik Ku

By Trip Riau  |  25 November 2015 18:11:20 WIB  |  City Guide

Proses penyemaian yang bisa kita lihat di Taman Hidroponik Ku. Foto: Rio Sunera / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Taman Hidroponik Ku kini hadir di Pekanbaru. Memperkenalkan sistem  berkebun menggunakan media selain tanah. Hidroponik bisa  ditanam di media apa saja, seperti batu bata, kerikil atau pasir.

Bagi masyarakat yang ingin berkebun, tetapi tidak memiliki lahan pertanian, sistem Hidroponik bisa menjadi salah satu alternatifnya. Mengusung sistem berkebun dengan menggunakan media selain tanah, hydroponik sangat mudah dilakukan, terutama oleh masyarakat perkotaan.

Salah satu pendiri Taman Hidroponik Ku Efri, SSos menjelaskan, Hydroponik Ku adalah salah satu sistem alternatif berkebun tanpa menggunakan media Tanah. Hidroponik bisa menggunakan media batu bata, kerikil atau pasir. Unsur yang paling penting dalam sistem Hidroponik adalah air, oksigen dan sinar matahari.

Hydroponik saat ini berfokus pada penanaman sayur. Bagaimana hasil tanamannya? Tentu saja memiliki perbedaan dengan sayuran yang di tanam di tanah. Selain bebas pestisida, sayuran Hydroponik juga memiliki unsur gizi yang tepat. Rasa yang dihasilkan juga lebih enak dibandingkan dengan sayuran biasa.Taman Hidroponik Ku yang beralamat di Jalan Lion Air/Paus Ujung, Marpoyan Damai, Pekanbaru. Di tempat ini pengunjung bisa belajar tentang sistem menanam secara hidroponik. Foto: Rio Sunera / tripriau.com

Taman Hidroponik Ku mempunyai misi untuk memperkenalkan sistem ini kepada masyarakat. Meski baru akan diresmikan pada bulan Desember 2015, Hydroponik Ku sudah diminati dan digandeng oleh sekolah-sekolah di Pekanbaru, mulai dari tingkat TK hingga SMA di Pekanbaru sebagai media pembelajaran.

“Hidroponik Ku ingin mewujudkan sistem Hydroponik ini sebagai salah satu agrowisata mini di Pekanbaru nantinya,” ujar Efri.

Taman HidroponikKu ini memberikan edukasi dasar mengenai Hidroponik kepada masyarakat secara gratis.

Jadi, jika Anda tertarik dengan sistem ini dan ingin belajar, Anda bisa langsung datang ke Taman Hidroponik di Jalan Lion Air/Paus Ujung, Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai. atau bisa mengunjungi alamat facebook: Hidroponik_ku.

Penulis : Amelia Aidilla

Editor   : Rio Sunera  



Tags:  -