Berikan Handmade Gift Menarik Bersama Papero House

By Trip Riau  |  26 November 2015 10:22:53 WIB  |  Business

Ragilia merupakan pemilik dari Papero House yang beralamat di Jalan Kembang Sari nomor 3, Tangkerang Selatan, Pekanbaru. Foto :  Suci Aulya / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- Bosan dengan hadiah yang itu-itu saja? Ingin memberikan hadiah spesial dan kratif untuk orang yang spesial? Papero House jawabannya. Papero House menyediakan handmade gift berupa pop up art yang dikemas didalam sebuah frame. Tersedia berbagai  pop up art di Papero House, seperti pop up frame, pop up siluet dan pop up frame mahar.

Ragilia, pemilik Papero House menjelaskan detail beberapa produk dari Papero House kepada tripriau.com. “Pop up frame merupakan pop up art yang desainnya menggunakan model layer bertingkat dan dicetak berbentuk 3D sehingga akan memberikan kesan lebih hidup kepada karya ini.”

“Sedangkan pop up frame mahar, tidak jauh berbeda dengan konsep pop up yang biasa. Bedanya, kalau untuk pernikahan biasanya ada mahar uang, jadi uangnya ini kita lipat sekreatif mungkin,” jelas Ragil, sapaan akrab Ragilia.

Agar pop up yang kamu pesan sesuai dengan keinginan, kamu bisa request desain background-nya sesukamu sesuai dengan konsep dan tema yang dinginkan. Kamu yang perlu mengirim foto dengan tampak kepala saja.

“Konsumen cuma perlu mengirim foto dengan tampak kepala saja. Jadi kostumnya kita edit sesuai dengan tema dan konsep yang diinginkan,” kata Ragil.

Pembuatan satu buah pop up bisa memakan waktu tujuh hingga sepuluh hari untuk frame biasa dan 15 hari untuk pop up frame mahar. Harga untuk satu pop up ini pun beragam, tergantung ukuran frame yang digunakan. Untuk ukuran frame kecil (20cm x 20cm), seharga 215 ribu rupiah. Ukuran sedang (21 cm x 30 cm), seharga 265 ribu rupiah dan untuk frame yang paling besar, seharga 365 ribu rupiah. Pop up frame merupakan pop up art yang desainnya menggunakan model layer bertingkat dan dicetak berbentuk 3D. Foto: Suci Aulya / tripriau.com

“Kalau konsumen ingin costum ukuran frame sesuai keinginan juga bisa,” lanjut Ragil.

Ragil juga menjelaskan kesulitan dalam membuat pop up ini adalah kurang detailnya konsumen dalam menyampaikan tema yang mereka inginkan.

“Untuk bisa menciptakan sebuah pop up yang sesuai dengan pribadi orang yang menerima hadiah pop up ini dibutuhkan juga keterangan yang detail seperti warna kesukaannya, cita-cita, hobi, serta hal apa yang disukai. Dengan keterangan yang detail itu baru keluar tema yang dimaksudkan sebenarnya.”

Lihat Peluang Bisnis dalam Pop Up Art

Bisnis yang dimulai sejak November tahun lalu ini diakui Ragil sebagai peluang bisnis yang bagus jika dikembangkan di Kota Pekanbaru. Berawal dari melihat sulitnya orang mencari hadiah yang akan diberikan untuk moment spesial mereka, Ragil lantas menciptakan sebuah pop up yang sudah duluan booming di daerah Jawa.

“Awalnya dulu konsumen masih bertanya-tanya tentang produk ini, tapi lama-kelamaan, akhirnya banyak yang tertarik,” terang Ragil. Selain di Kota Pekanbaru, bisnis pop up art milik Ragil ini telah merambah ke berbagai kota seperti Makassar, Jakarta, Medan, Jambi dan Palembang. Foto: Suci Aulya / tripriau.com

Bercerita mengenai kondisi bisnis di Pekanbaru saat ini, Ragil mengatakan, sejak era media sosial, dunia bisnis sudah sangat berkembang. Dengan memanfaatkan media sosial yang tidak berbayar dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, pelaku bisnis bisa bebas memasarkan produknya agar lebih dikenal masyarakat.

Selain di Kota Pekanbaru, bisnis pop up art milik Ragil ini telah merambah ke berbagai kota seperti Makassar, Jakarta, Medan, Jambi dan Palembang.

Ragil dengan Papero House nya mampu menjual 25 hingga 30 frame pop up per bulannya. Mempunyai segmentasi pasar yang awalnya hanya kepada remaja, kini bisnis kreatifnya ini sudah berkembang juga kepada orang dewasa, yakni produk pop up untuk mahar pernikahan.

Ditanyai mengenai kesulitan yang dihadapinya saat ini, Ragil menuturkan bahwa untuk meningkatkan omzet setiap bulannya, harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadai.

“Sampai sekarang, yang mendesain pop up ini masih saya sendiri karena sedikit sulit mencari desainer di Pekanbaru yang dapat mengejar desain saya selama ini,” pungkasnya.

Papero House berlokasi di Jalan Kembang Sari nomor 3, Tangkerang Selatan, Pekanbaru. Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa mengakses instagram dan twitter/@paperohouse atau di nomor telepon 082383782272.

Penulis : Suci Aulya

Editor   : Rio Sunera

 



Tags:  -