Etape II Tour de Siak, Indonesia Sapu Bersih Podium

By Trip Riau  |  27 November 2015 09:51:09 WIB  |  News

Pembalap asal Indonesia menyentuh garis finis lebih awal. Foto: Humas Pemkab Siak for tripriau.com

Siak Sri Indrapura, tripriau.com – Kejutan terjadi di etape II Tour de Siak (TdS) 2015 yang digelar Kamis (26/11). Pembalap tuan rumah Indonesia berhasil menyapu bersih podium yang sehari sebelumnya dikuasai pembalap asal Malaysia.

Tiga pembalap asal Indonesia yang menguasai podium adalah Projo Waseso dan M Nur Fathoni asal National Indonesia Team, yang menempati posisi pertama dan kedua. Sementara posisi ketiga ditempati Kevin Tutuarima asal Siak Cycling Team (SCT).

Perbedaan waktu ketiganya tipis, mereka tercatat memisahkan diri dari rombongan pembalap lain dengan torehan waktu sama, 04 jam 16 menit dan 5 detik.

Tak hanya itu, persaingan ketat dilintasan Siak-Perawang sejauh 182,12 km ini, juga didominasi para pembalap asal Indonesia pada intermediate satu dan dua.

“Projo Waseso asal National Indonesia Team, Iman Suparman asal DKI Jakarta, dan Jefri Irawan asal Custom Cycling Club berhasil leading di intermediate sprint pertama di kilometer 94.14 perawang,” kata Race Director Tour de Siak 2015, Erwin Anwar.

Untuk intermediate sprint kedua di kilometer 147 itu kata dia, giliran M. Nur Fathoni memimpin bersama rekan satu timnya Projo Waseso, disusul Parno asal Tim KFC Jakarta.

Jalan perlombaan balap sepeda itu berlangsung ketat, masing-masing tim terlihat menerapkan strategi berbeda dari etape pertama. Tim-tim asal Indonesia khususnya, kelihatan lebih bersabar untuk menjaga posisi pada putaran pertama menuju Perawang yang terkenal sebagai kota Industri itu. Jalan perlombaan balap sepeda di Etape ke 2 berlangsung ketat. Foto: Humas Pemkab Siak for tripriau.com

“Masing-masing tim lebih memilih safety jelang melewati kantor Polres karena kondisi hujan, selepas itu baru terlihat attack dari para pembalap. Yang memilih safety justru mereka yang kemarin juara. Begitu melewati jembatan justru pembalap junior dari BSP Siak yang ambil inisiatif menyerang, namun karena kurang pengalaman posisi leader diambil alih para senior hingga intermediate sprint pertama,” terang Erwin.

Dominasi tim-tim asal Indonesia di etape kedua ini kata dia, tak terlepas dari keberhasilan memanfaatkan kondisi tim Malaysia yang berusaha menerapkan taktik menjaga posisi.

“Malaysia kemarin diuntungkan kondisi tim asal Indonesia yang saling serang di awal-awal race, dimenit akhir mereka ambil alih menguasai. Hari ini, mereka tidak attack dan memilih mempertahankan posisi. Kemarin harusnya Projo juga bisa leading, tapi karena dari awal diinstruksikan menyerang, akhirnya tertinggal di belakang” jelasnya.

Ketua Panitia Pelaksana TdS 2015 HTS Hamzah mengaku gembira dengan hasil di etape ini.

Dia mengatakan, setelah kali ketiga digelar, tahun ini pembalap asal tim tuan rumah mampu meraih podium.

“Kevin Tuatuarima masih muda, kita surprise diusia 19 tahun ia berhasil mengimbangi pembalap senior kebanggaan Indonesia. Semoga di etape III Siak-Sungai Apit besok, minimal dia bisa mempertahankan posisi,” jelas Hamzah.(rio/rls) 



Tags:  -