Disparekraf Riau Terus Asah Kemampuan SDM Pariwisata

By Trip Riau  |  27 November 2015 11:31:57 WIB  |  News

Kadis Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal, ST M.SI bersama para peserta pelatihan kompetensi SDM pariwisata. Foto: Sukma Putra / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan di Bumi Lancang Kuning. Untuk itu, beragam program terus digagas termasuk menyelenggarakan pelatihan yang bertajuk "Pengembangan Kompetensi SDM Kepariwisataan 2015" di Hotel Mutiara Merdeka, 24-26 November 2015 lalu.

Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengembangkan kompetensi SDM di bidang pariwisata. Serta terciptanya SDM yang profesional dan mampu berdaya saing dalam bidang pariwisata.

Adapun sasaran kegiatan ini, mampu meningkatkan kualitas masyarakat, pelaku objek wisata dalam mengembangkan pariwisata. Dan juga terciptanya sektor pariwisata sebagai sektor unggulan yang mampu menjadi sumber utama Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Peserta pelatihan kompetensi saat berkunjung ke Kampung Wisata Bandar Senapelan

Menariknya, program ini tak hanya diisi pemateri-pemateri yang ahli dibidangnya seperti, ASDEP Kelembagaan SDM Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Wisnu Bawatarunajaya, Direktur LSP Lancang Kuning Nusantara Riyono Gede Trisoko dan pemateri lainnya, tetapi para peserta yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang tersebar di 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau juga diajak untuk berkunjung dan melihat-lihat potensi Kampung Wisata Kampung Bandar Senapelan, Kampung Wisata Desa Pesisir dan Kampung Wisata Okura.

Kegiatan ini juga terasa istimewa karena dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal, ST M.SI dan sekaligus membukanya secara resmi.

Penulis : Sukma Putra



Tags:  -