Melihat Salah Satu Mesjid Terindah di Pusat Kota Pekanbaru

By Trip Riau  |  29 November 2015 07:44:39 WIB  |  City Guide

Masjid Ar-Rahman Pekanbaru. Foto : Suci Aulya / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- Selain Mesjid Agung An-Nur, terdapat mesjid yang saat ini disebut-sebut sebagai salah satu mesjid terindah di Kota Pekanbaru. Mesjid ini adalah Mesjid Ar-Rahman.

Mesjid Ar-Rahman terletak di pusat Kota Pekanbaru tepatnya hanya beberapa meter saja dari simpang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Tuanku Tambusai.

Jika diperhatikan, bangunan Mesjid Ar-Rahman bergaya seperti bangunan dalam Mesjid Nabawi yang berada di Madinah, Arab Saudi.

Di mesjid ini pula sering dilakukan acara kajian-kajian islami. Mesjid yang sangat terjaga kebersihannya ini memiliki suasana yang sangat nyaman karena luasnya mesjid dan dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Tidak hanya itu, mesjid ini juga mempunyai area parkir yang cukup luas bahkan tersedia parkir basement. Mesjid ini juga sangat terjaga kebersihannya.

Pada sore hari, terdapat beberapa pedagang yang menjual berbagai buku-buku mengenai agama islam dan pernak-pernik berbau islami serta perlengkapan shalat seperti peci untuk pria.Indahnya masjid Ar-Rahman Pekanbaru. Foto : Suci Aulya / tripriau.com

 

Selain menjadi tempat beribadah bagi umat muslim, tak heran jika oleh masyarakat, mesjid ini juga menjadi salah satu tujuan untuk melepas kepenatan dan suasana sibuknya kota Pekanbaru.

Di gedung belakang mesjid terdapat perpustakaan, kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), kantor Badan Amil Zakat (BAZ), dan lainnya.
Mesjid ini merupakan salah satu mesjid tertua di pekanbaru.

Dulunya mesjid Ar-Rahman hanya berkonstruksikan kayu saja. Setelah dilakukan renovasi besar-besaran, kini mesjid ini menjadi salah satu mesjid terindah dan ternyaman di Kota Pekanbaru.

Menurut sejarahnya, tanah mesjid ini merupakan waqaf dari Sastro Pawiro Djaya Diningrat.

Pada awal masa pembangunannya pada tahun 1930 hingga 1935, mesjid Ar-Rahman dilakukan dengan swadaya masyarakat yang berada di sekitar jalan sumatera dan wilayah Pekanbaru hingga ke Tangkerang saat ini.

Luasnya pun hanya 8 x 8 meter persegi. Konon telah dilakukan renovasi pada tahun 1935 dan 1960 oleh masyarakat.

Pada tahun 2004, barulah Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan pembebasan lahan yang berada di sekitar mesjid Ar-Rahman yakni seluas 4.700 meter persegi.

Penulis: Suci Aulya
Editor: Rio Sunera



Tags:  -