Manisnya Bisnis Jambu Madu

By Trip Riau  |  30 November 2015 08:34:53 WIB  |  Business

Salah satu tempat penjualan Jambu Madu yang berada di jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- bagi anda para penggemar buah, jambu madu bisa menjadi salah satu daftar buah favorit anda. Rasanya yang manis dan segar dapat menjadi cemilan segar di siang hari yang panas. Jambu madu ini bisa ditemui di Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru.

Jika Anda sering melewati jalan Arifin Ahmad, tentu tidak akan asing dengan jajaran penjual buah yang berderet di sepanjang jalan tersebut. Para pedagang buah tersebut menawarkan berbagai macam buah musiman, mulai dari jeruk, pepaya, rambutan, jambu, dan sebagainya.

Saat ini, buah yang paling dicari masyarakat adalah jambu madu. Jambu madu merupakan salah satu buah lokal yang langsung didatangkan dari perkebunan di Sumatera Utara. Jambu yang segar dan rasanya yang manis menjadi daya tarik bagi para calon pembeli yang lewat.

Nuraini, salah seorang penjual jambu madu di Arifin Ahmad mengatakan, bahwa dari hanya berjualan jambu madu, dia dapat meraup keuntungan hingga Rp 5 juta per bulan.

Pada awal-awal jambu madu mulai beredar di Pekanbaru, keuntungan yang dia dapatkan bahkan lebih besar.

Nuraini sudah berjualan jambu madu setahun belakangan ini. “Setiap harinya, kami mengambil jambu madu di jalan Harapan Raya. Dalam sehari, jambu madu berhasil dijual sebanyak 40 kg sampai 50 kg,” cerita Nuraini.

Nuraini sendiri berjualan jambu madu dari pagi, hingga sore hari. Dalam rentang waktu tersebut, dia berhasil menjual semua dagangannya.Tidak hanya menjual buah jambu madu para pedagang di jalan Arifin Ahmad juga menjual bibit jambu madu. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

“Kadang tergantung cuaca juga. Kalau cuaca bagus, dagangan sudah habis menjelang siang. Kalau musim penghujan seperti ini, bisa sampai sore baru habis dagangannya,” katanya.

Jambu madu biasanya sudah dikantongkan per satu kilo oleh para pedagang. “Sebelum dikantongkan, kami sortir dulu jambu madunya, mbak. Kalau ada yang busuk atau cacat, tidak kami masukkan,” jelas nuraini.
Jika merasa kurang puas, para pembeli juga bisa memilih sendiri jambu madunya.

Untuk menarik minat pembeli, Nuraini juga menyediakan tester jambu madu secara gratis untuk para calon pembeli. “Testernya gratis, mbak, gak bayar, kalo yang di depan baru berbayar,” gurau Nuraini.

Selain buahnya, Nuraini juga menjual bibit jambu madu. Bibit tersebut siap berbuah dalam waktu satu tahun. “Untuk buahnya, kami jual seharga Rp 45.000 per kilo, sedangkan untuk bibitnya Rp. 65.000 per batang,” jelas nuraini.

Jika anda penggemar jambu madu, atau penasaran dengan rasa yang manis dan segarnya jambu madu, Anda dapat dengan mudah menjumpai para pedangang di kawasan Arifin Ahmad.

Sedikit tips untuk Anda, jika ingin membeli jambu madu, belilah di penjual yang menyediakan jambu madu dalam jumlah banyak seperti Nuraini. Pedagang yang menyediakan jambu madu dalam jumlah banyak biasanya memiliki persediaan barang yang fresh setiap harinya. Pembeli bisa memilih buah jambu dengan puas ketika membeli.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor  : Rio Sunera



Tags:  -