Ketika Mahasiswa LP3i Belajar Menjadi Entrepreneur

By Trip Riau  |  30 November 2015 10:57:41 WIB  |  Business

Mahasiswa LP3i Pekanbaru berjualan aneka makanan dan minuman di arena Car Free Day. Foto: Ricky Ariandi for tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Semangat berwirausaha juga menjalar hingga mahasiswa LP3i Pekanbaru. Mereka mendapatkan teori entrepreneurship di kelas, membuat produk kemudian menjualnya di ajang Car Free Day, Pekanbaru.

Meski hujan mengguyur arena Car Free Day (CFD) di Jalan Diponegoro, Ahad (29/11), puluhan mahasiswa terlihat antusias menjual dagangannya. Beberapa orang berjualan di lapak, sementara yang lainnya ‘’jemput bola’’ dengan berkeliling menawarkan dagangan kepada calon pembeli.

Produk yang mereka jual adalah makanan dan minuman. Mulai dari bakso bakar, bakwan goreng, puding, kolak pisang, keripik ubi rasa keju, dan minuman timun serut. Produk ini juga mereka kerjakan secara bersama-sama.Salah satu makanan yang dijual mahasiswa LP3i Pekanbaru. Foto: Ricky Ariandi for tripriau

Dosen pembimbing kegiatan Ricky Ariandi mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Smart Entrepeneurship yang diajarkan di kampus.

Selain pengenalan teori, pada perkuliahan ini mahasiswa juga diajak untuk menjalankan sebuah bisnis. Mereka juga dibantu untuk bisa mewujudkan bisnisnya dengan omset mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta perbulan.

‘’Beberapa mahasiswa sudah memulai dengan berjualan di lingkungan kampus. Produknya mereka jual ke sesama teman dan dosen,’’ kata Ricky.

Ricky menambahkan, semua proses berjualan di arena CFD dikerjakan bersama-sama. Mulai dari membuat produk hingga menjualnya.Mahasiswa LP3i berjualan dalam rangka praktik berwirausaha. Foto: Ricky Ariandi for tripriau.com

‘’Kita memberikan semangat kepada anak-anak LP3i yang D2 (Diploma 2), untuk coba berbisnis. Walaupun mungkin tidak sebagai pemasukan utama, tapi sebagai pemasukan tambahan,’’ kata Dosen Pembimbing mata kuliah Smart Entrepeneurship di LP3i ini.

Ricky mengatakan, dengan praktik wirausaha seperti ini, para mahasiswa juga belajar untuk berhemat. ‘’Bahwa cari uang itu susah. Nanti hasil penjualan untuk menambah uang kas kelas,’’ tuturnya kepada tripriau.com.

Total, ada 60 mahasiswa dari 3 kelas yang terlibat pada kegiatan ini. Meliputi Jurusan Office Management, Informatika Komputer, serta Komputer Akuntansi.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -