Rangkaian HRC 2015 Berakhir, AHM Konsisten Cetak Pebalap Berbakat Anak Bangsa

By Trip Riau  |  01 Desember 2015 18:36:26 WIB  |  News

Sebanyak 161 starter pebalap ramaikan gelaran final HRC 2015 di Kemayoran, Jakarta

Jakarta, tripriau.com– PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri rangkaian balap Honda Racing Championship (HRC) 2015 dengan memberikan apresiasi kepada pebalap dan tim terbaik di ajang balap terbesar Honda di Indonesia‎. Melalui ajang ini, AHM secara konsisten mencetak dan membina pebalap muda berbakat tanah air yang mampu memberikan prestasi balap membanggakan untuk bangsa.

Melewati tahun ke 13 gelaran, HRC telah meraih ribuan minat pebalap muda tanah air untuk ikut serta dalam pembinaan balap berjenjang melalui beragam kegiatan yang terstruktur di setiap level. Termasuk 161 starter pebalap yang bertarung ketat pada putaran final HRC 2015 di Kemayoran, Jakarta (29/11).

Gelar Best Rider dan Best Team dalam kelas-kelas yang dipertandingkan pun telah ditetapkan setelah melewati 8 putaran di 8 kota, Cimahi (Jawa Barat), Purwodadi (Jawa Tengah), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Medan (Sumatera Utara), Pekanbaru (Riau), Sidrap (Sulawesi Selatan), Malang (Jawa Timur), Kemayoran (DKI Jakarta).

Kelas HRC 1 (sport 150cc tune up seeded), Best Rider diraih oleh Sudarmono dari Astra Motor Racing Team. Rekan satu tim Sudarmono, Aditya Pangestu juga memastikan diri di posisi kedua. Aditya Pangestu merupakan pebalap binaan AHM peraih posisi runner up pada ajang balap internasional Asia Dream Cup (ADC) 2014.

HRC 1 merupakan kelas baru di HRC 2015 sebagai wujud komitmen Honda untuk mempersiapkan kualitas dan ketrampilan pebalap tanah air menuju pentas balap dunia yang menggunakan tipe motor sport.

Di kelas HRC 2 (bebek 125cc tune-up seeded), Wawan Hermawan dari Astra Motor Racing Team Yogyakarta tampil sebagai pebalap terbaik. Wawan merupakan jawara kelas 110 bebek tune-up 110cc seeded di ta.hun lalu.

Sementara itu, kelas HRC 3 (Sport 150 cc standar pemula) mampu dikuasai pebalap dari Showa Racing Team di posisi satu dan dua, yaitu Roni Kurniawan dan Yogha Dio. Yogha Dio adalah pebalap binaan AHM yang saat ini juga maju ke jenjang balap international ADC 2015. Yogha Dio mampu menempati empat besar kelasemen kejuaraan balap internasional tersebut.

Pemenang kelas HRC 4 (bebek 125cc tune up pemula) ditempati oleh Irfan Ardiansyah dari Honda Simple Concept Ole DRC. Pebalap yang juga merupakan lulusan Honda Racing School ini akan mengikuti jenjang selanjutnya di level internasional, Asia Talent Cup 2016.

Selain itu di tiga kelas lainnya HRC 6 (bebek standar pemula), HRC 7 (matic 130cc standar terbuka) dan HRC 8 (matic 110cc standar terbuka), berurutan dikuasai oleh pebalap Pradana Boby dari Honda Simple Concept OLE DRC, Surya Ade Ningrat dari Kawahara Racing Line Speed Co Para Bos dan Surya Ade Ningrat dari Kawahara Racing Line Trijaya Sakti NHK Speedco PAR.

Sedangkan untuk tim terbaik penghargaan diberikan kepada Astra Motor Racing Team di kelas HRC 1 (sport 150cc tune up seeded) dan Astra Motor Racing Team Yogyakarta di kelas HRC 2 (bebek 125cc tune up seeded).

Pada malam penghargaan tersebut, AHM juga sekaligus memberikan penghargaan untuk siswa Honda Racing School (HRS) terbaik yang diraih Irfan Ardiansyah. Selain itu, penghargaan juga diberikan untuk Andi Farid Izdihar yang sukses meraih runner-up Suzuka 4 Hour Endurance Race serta Gerry Salim yang mampu menduduki posisi 5 besar All Japan Championship.

Penghargaan dari AHM juga diberikan untuk pebalap terbaik di ajang OMR Honda CBR150R dan HRS CBR150R yang diraih Dwiki Hardhiana dari TUS Racing, OMR Honda CBR250R yang diraih oleh Josep Kevin dari team Honda Wahana Dunia Motor serta HRS CBR250R yang diraih oleh Irfan Ardiansyah dari Honda Simple Concept Ole DRC.

GM Marketing Planning and Analysis AHM, A Indraputra mengatakan ketatnya kompetisi di HRC 2015 ini mampu menjadi sarana awal dan semangat juang bagi pebalap muda untuk meraih prestasi dan level yang lebih tinggi.

"Melalui program pembinaan balap Honda saat ini, secara konsisten kami berupaya menginspirasi serta memberikan jalan kepada pebalap berbakat tanah air mencetak prestasi hingga ke arena balap dunia. Kami yakin dari ratusan pebalap yang berpartisipasi di HRC akan lahir pebalap-pebalap tangguh untuk unjuk prestasi di level yang lebih kompetitif dan bergengsi,” ujarnya.

Di setiap penyelenggaraan, AHM juga tetap mempertahankan standar safety pelaksanaan One Make Race (OMR) berupa airfence untuk safety penonton dan pembalapnya dan kecanggihan teknologi yang digunakan dalam acara OMR ini seperti timing system untuk pencatatan waktunya.

Penyelenggaraan HRC 2015 juga menyesuaikan dengan ketentuan bahan bakar yang digunakan pada unit motor balap sesuai dengan peraturan kejurnas yang mewajibkan menggunakan bahan bakar Pertamax Plus. Untuk seluruh tim balap yang bertanding, AHM memberikan bahan bakarnya secara gratis.

Selain itu, HRC juga turut memberikan apresiasi kepada ribuan pecinta balap tanah air yang datang menyaksikan OMR Honda tersebut. Beragam booth dan panggung hiburan turut difasilitasi oleh AHM dan jaringan main dealernya serta berbagai sponsor yang terlibat.

Dalam menggelar HRC 2015, AHM bekerjasama dengan jaringan main dealernya, yaitu PT Daya Adicipta Mustika, PT Astra International Tbk - Honda (Astra Motor) Semarang, Trio Motor, Astra Motor Makassar, CV Indako Trading Co., PT Capella Dinamik Nusantara, PT Mitra Pinasthika Mulia dan PT Wahana Makmur Sejati.

Berbagai sponsor pun turut mendukung kegiatan HRC tahun ini, yaitu AHM Oil, PT Denso Sales Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Tarakusuma Indah, PT Tiga Sakti Adhimulia, PT Musashi Autopart Indonesia, Nissin Kogyo. Ltd, PT Showa Indonesia Manufacturing, PT Yutaka Indonesia Manufacturing, dan Pertamax Plus.

HRC Tour

Turut memberikan edukasi kepada generasi muda tanah air dalam ajang balap, AHM juga mengadakan HRC Tour ke lebih dari 15 sekolah tingkat mengenah atas yang diikuti sekitar 12.000 siswa di 8 kota gelaran HRC 2015.

Selain edukasi dunia balap, AHM juga mengajak pebalap muda untuk berbagi pengalaman di kalangan pelajar SMA yang diikuti dengan edukasi keselamatan berkendara dan pengenalan produk dan teknologi Honda terkini. Edukasi teknologi ramah lingkungan juga menjadi bagian dari pesan sosial kepada para generasi muda untuk lebih mencintai alam dan lingkungannya sejak dini.

A. Indraputra mengungkapkan AHM menganggap penting kegiatan ini sebagai salah satu upaya membangun generasi penerus bangsa yang baik dalam ruang lingkup balap maupun teknologi roda dua.

"Kami membekali para peserta HRC Tour 2015 tidak hanya dengan pengetahuan teknologi seputar roda dua, tapi juga cara berkendara aman serta bagaimana tahapan meraih prestasi dengan semangat juang seperti tim dan pebalap yang terlibat di HRC,” tutupnya. (rls)



Tags:  -