Program "SIAP MAJU" Lenovo Bantu Kaum Muda Pekanbaru Raih Cita-cita

By Trip Riau  |  02 Desember 2015 19:29:48 WIB  |  News

(kika): Bening Rara Pratita, Dedi Ariandi, Diantika dan Christy C. Susastra

Pekanbaru, tripriau.com- Lenovo hari ini, Rabu (2/12/2015) di The Premiere Hotel Pekanbaru meluncurkan program Lenovo "SIAP MAJU", program yang menyasar kalangan millennial (kaum muda dalam rentang usia 18 hingga 35 tahun), khususnya pelajar/mahasiswa dan karyawan baru yang membeli PC dan laptop untuk pertama kali (First Time Buyer) di Pekanbaru.

Kaum muda di Indonesia dikenal sangat paham teknologi, senang mencari pengalaman baru, senang bersosialisasi dan juga sangat dinamis. Mereka pada umumnya memiliki keinginan besar untuk maju dan mewujudkan impian mereka, tapi mereka terkadang tidak tahu bagaimana memulai dan apa yang mereka butuhkan untuk mewujudkan impian tersebut, apalagi anak muda di kota-kota yang menjadi ibukota propinsi.

Pada akhirnya mereka perlu membekali diri dengan pengetahuan, kemampuan dan role model yang bisa menginspirasi mereka. Dan pada saat yang sama, mereka juga butuh membekali diri dengan perangkat esensial, termasuk memilih notebook yang sesuai dengan kebutuhan mereka seraya memahami bahwa perangkat teknologi memainkan peran penting dalam mendukung upaya mereka untuk maju. Oleh karena itu, mereka membutuhkan perangkat teknologi berkualitas tinggi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan mereka tapi harganya terjangkau oleh mereka.

"Indonesia merupakan pasar penting bagi Lenovo dan kini kami melihat bahwa ibukota propinsi akan memainkan peran yang semakin penting bagi pertumbuhan bisnis Lenovo di Indonesia," tutur Christy C. Susastra, Consumer Notebook Product Manager, Lenovo Indonesia dalam jumpa pers, (2/12).

Sementara itu, Diantika selaku Consumer Marketing Lead Lenovo Indonesia mengungkapkan, Pekanbaru merupakan salah satu pasar penting bagi Lenovo di wilayah Indonesia. Menurut data internal Lenovo Indonesia di bulan Oktober 2015, pasar Pekanbaru bertumbuh sebesar lebih dari 6 poin dari tahun sebelumnya dan meraih pangsa pasar 10,5 persen. Secara keseluruhan, wilayah Pekanbaru berkontribusi sebesar 2 persen dari keseluruhan pasar Lenovo di Indonesia.

Hal ini mengindikasikan pasar di wilayah ini memiliki potensi bertumbuh yang besar. Lenovo juga mengamati bahwa potensi ekonomi yang besar di sektor minyak, gas, dan mineral di Pekanbaru merupakan alasan utama industri teknologi akan mampu berkembang di wilayah ini.

Tak hanya Pekanbaru, secara keseluruhan, data dari GfK pada Agustus 2015 menunjukkan bahwa kontribusi kota-kota setelah 7 kota besar di Indonesia terhadap penjualan PC di Indonesia justru meningkat dari 33 persen tahun 2014 lalu menjadi 39 persen di tahun 2015.

Christy C. Susastra, Consumer Notebook Product Manager, Lenovo Indonesia memamerkan salah satu produk Lenovo

Melalui program Lenovo "SIAP MAJU" ini, Lenovo menghadirkan jajaran laptop berkualitas tinggi tapi harganya terjangkau yakni Lenovo YOGA 300 dan Lenovo ideapad 100. Rangkaian laptop tersebut dipersenjatai dengan prosesor Intel yang telah teruji kehandalannya, tidak sekadar menghadirkan kemampuan komputasi mumpuni yang diperlukan kaum muda untuk tidak hanya membuka peluang bisnis baru tapi juga mendukung kinerja produktivitas mereka sehingga mereka bisa maju dan meraih kesuksesan dalam berbagai aspek.

Sebagai bagian dari program "SIAP MAJU" dan pendekatan terhadap kaum muda di berbagai kota, Lenovo menggelar media kick-off di Manado, Bali, Banjarmasin, Jambi, Pekanbaru, serta Padang pada bulan Oktober hingga Desember 2015. Pekanbaru merupakan kota kedua di wilayah Sumatra yang dikunjungi Lenovo dalam rangkaian roadshow ini. Dalam program "SIAP MAJU" ini Lenovo menggandeng tokoh muda sukses di masing-masing kota, untuk menginspirasi dan berbagi kisah sukses kaum muda lainnya.

Para millennial sukses yang digandeng Lenovo antara lain adalah, Alanda Kariza, penulis yang menerbitkan novel pertamanya saat masih berusia 14 tahun, tokoh muda yang mewakili Indonesia di sejumlah forum internasional, menginisiasi forum Indonesian Youth Conference dan organisasi nirlaba The Cure For Tomorrow yang banyak memberikan workshop tentang daur ulang dan pencegahan pemanasan global. Selanjutnya, Yukka Harlanda, co-founder dan chief engineer PT Brodo Ganesha Indonesia yang memproduksi sepatu lokal merek Brodo yang laris manis di penjualan online dan kini merambah ke ranah offline juga.

Berikutnya Bening Rara Pratita, alumni pengajar muda di organisasi nirlaba Indonesia Mengajar yang juga menginisiasi GoArchipelago.com, situs yang memungkinkan komunitas traveler untuk terkoneksi dengan travel host, melakukan pemesanan paket perjalanan wisata yang memberikan dampak sosial bagi warga lokal dan berbagi pengalaman traveling mereka. Aditya Novali, arsitek lulusan Akademi Desain Eindhoven Belanda yang lebih memilih bekerja sebagai seorang perupa kontemporer. Dalam beberapa seri karyanya yang terbaru ia mengangkat proses membangun dan gagasan tentang bangsa. Kelihaian seninya sudah diakui oleh banyak pengamat dan kritikus seni tak hanya di Indonesia namun juga mancanegara.

Lenovo Indonesia menggandeng Dedi Ariandi, seorang arsitek yang juga dikenal sebagai aktivis pelestarian pusaka dan bergerak bersama Riau Heritage. "Sebagai seorang arsitek dan juga aktivis pelestarian pusaka, fungsi teknologi seperti notebook memberikan fleksibilitas dalam berkarya dan melakukan penelitian lapangan. Banyak hal menjadi lebih mudah hanya dengan membawa satu perangkat. Beberapa pekerjaan yang tadinya membutuhkan beberapa peralatan menjadi lebih ringkas dan ringan," tukasnya.

Bening Rara Pratita, yang turut hadir dalam peluncuran Program "SIAP MAJU" di Pekanbaru mengakui bahwa peran teknologi seperti laptop sangat membantunya dalam membagi pengetahuan kepada masyarakat lokal sewaktu ia bertugas mengajar di desa Petiku, Paser – Kalimantan Timur.

"Pilihan saya adalah laptop yang tipis dan ringan sangat membantu dalam dunia pendidikan dan pariwisata yang saya geluti saat ini, yakni mengembangkan komunitas pariwisata GoArchipelago. Saya yakin, program "SIAP MAJU" dari Lenovo ini akan membantu generasi muda untuk tahu bagaimana cara membangun bisnis kreatif mereka dan tahu hal-hal yang sebenarnya mereka butuhkan untuk mewujudkannya,” kata Bening. (rls)



Tags:  -