Capella Honda Gelar Basic Life Support Training for Honda Community

By Trip Riau  |  03 Desember 2015 16:25:13 WIB  |  News

Foto bersama Bikers dgn Management PT CDN & narasumber dari PMI Kota Pekanbaru

Pekanbaru, tripriau.com- PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) selaku main dealer Honda wilayah Aceh, Riau dan Kepulauan Riau menggelar kegiatan "Basic  Life Support Training for Honda Community" pada tanggal 28 November 2015.

Donni D Marpaung, Honda Customer Care Departement Head PT Capella Dinamik Nusantara mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai salah satu bentuk pengembangan komunitas Honda sebagai ambasador atau duta Honda saat terjadi kecelakaan di jalan raya.

"Disamping pelatihan keselamatan berkendara yang sudah kami berikan kepada anggota klub motor Honda selama ini, pada kesempatan kali ini kami ingin membekali anggota klub motor Honda dengan pengetahuan dan skill Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support)Training sehingga anggota klub Honda bisa membantu korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya sesuai dengan prosedur pertolongan pertama (first aid) sehingga nyawa manusia bisa tertolong pada saat touring ataupun aktifitas sehari-hari,” tuturnya lewat rilis kepada tripriau.com, Kamis (3/12/2015)

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, sebanyak 30 bikers hadir yang berasal dari komunitas sepeda motor Honda yang terdiri dari Pekanbaru Riders Streetfire (PERISAI), Honda Streetfire Club Indonesia Pekanbaru(HSFCI), Honda CB Pekanbaru (HCB), Honda Tiger Mailing List (HTML), Pekanbaru Tiger Club (PETIC), Riau CBR Club (RCC), Honda Vario Club Pekanbaru (HVC), Tiger Owner Club Pekanbaru (TOCP), Riau Scoopy Club (RISCOC), dan Classic Club C-70 (CCC).

Seluruh bikers sangat antusias saat mengikuti kegiatan ini, dimulai dengan materi korban bagaimana yang perlu ditolong dan bagaimana cara memberi pertolongan dengan memberikan napas buatan, bagaimana cara menghentikan pendarahan yang terjadi pada korban kecelakaan lalu lintas dan bagaimana cara memberi pertolongan kepada korban yang patah tulang agar tidak berakibat fatal terhadap korban.

Praktek pertolongan pertama pd korban patah tulang

Setelah pemberian materi, para bikers dengan antusias mempraktekkan bagaimana cara memberikan napas buatan, menghentikan pendarahan, dan pertolongan terhadap korban patah tulang dengan boneka peraga dan peralatan yang telah disediakan dari tim PMI dan kemudian diberikan arahan, sehingga tidak terjadi kesalahan yang bisa berakibat fatal. Teori dan praktek ini disajikan oleh narasumber Zulkifli dari PMI Kota Pekanbaru.

"Merasa sangat senang dan berterima kasih kepada Capella Honda karena bisa mengikuti kegiatan Basic Life Support Trainingfor Honda Community yang diselenggarakan oleh PT Capella Dinamik Nusantara ini, saya sebagai bikers merasa sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini berguna dan bermanfaat jika terjadi kecelakaan dijalan raya apalagi dengan hobi kami yang memang suka touring dengan jarak tempuh yang jauh, paling tidak kami sudah dapat ilmu bagaimana jika memberi pertolongan pertama kepada orang lain yang kecelakaan, Proud to be Honda Community, tukas Rahmat salah satu member dari Pekanbaru Riders Streetfire (PERISAI).

"Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap komunitas Honda bisa menjadi Duta Basic Life Support di tengah-tengah masyarakat, tutup Donni menimpali. (rls)



Tags:  -