Street Work Out Bersama PACS Pekanbaru

By Trip Riau  |  03 Desember 2015 17:13:22 WIB  |  Community

Pull Up salah satu gerakan yang digunakan dalam latihan komunitas PACS Pekanbaru. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Mengusung body weight training, PACS Pekanbaru memperkenalkan Street Work Out di Pekanbaru. Latihannya menggunakan gerakan utama seperti push up, sit up, pull up, chin up, squat, plank dan sebagainya. Pacs Pekanbaru berlatih setiap Senin, Rabu dan Jumat jam 16.30 WIB di Lapangan Mako Brimob, Jalan Durian.

PACS Pekanbaru ini adalah sebuah komunitas Street Work out di Pekanbaru. PACS (Pekanbaru Addict Calisthenics & street work out) berdiri sejak 25 Mei 2015. Komunitas ini memiliki komunitas induk yakni Streetworkout Indonesia dan tercatat sebagai anggota dari WSWCF, yakni organisasi dunia tentang street work out dan chalisthenics.

Anda mungkin masih bertanya-tanya, apa itu street work out atau calisthenicsStreet work out atau chalisthenics merupakan olahraga jalanan yang dapat dilakukan di mana saja dan dapat memperkuat fungsi tubuh, terutama kekuatan.

Olah raga ini menggunakan bobot tubuh dalam latihan, atau dikenal dengan istilah Body Weight Training. Beberapa gerakan dasar dalam olahraga ini adalah push up, sit up, pull up, chin up, squat, plank dan sebagainya.

PACS berawal dari hobi street work out yang ditekuni oleh Aditya, pendiri komunitas PACS Pekanbaru dan kemudian berkembang menjadi komunitas Street Work Out pertama di Pekanbaru. Sebagai komunitas street work out pertama di Pekanbaru, PACS telah berhasil mengumpulkan sekitar 42 anggota.

Aditya awalnya mengenal dan belajar street work out dari youtube pada tahun 2014. “Saat itu saya latihan sendiri, tapi cepat bosan. Kemudian saya bergabung dengan teman yang sama-sama menekuni street work out dan berlatih bersama di lapangan Pancasila dan di Rumbai. Lalu baru pada Mei 2015 berinisiatif mendirikan PACS,” jelas Aditya.

Bermodalkan beberapa akun di media sosial, komunitas ini melakukan promosi dan memperkenalkan PACS Pekanbaru kepada netizen. Karena media promosi melalui internet, street workout di Pekanbaru saat ini masih beredar di kalangan anak muda.

Untuk bergabung di PACS Pekanbaru, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran atau registrasi apapun alias gratis. Anda cukup datang, kenalan dengan anggota lain, lalu latihan. Sesimpel itu.

Bahkan Anda tidak perlu membawa alat bantu olahraga lainnya. Cukup membawa air minum dan sarung tangan.

Tidak hanya latihan, komunitas ini juga melakukan kegiatan bakti sosial. PACS Pekanbaru turut andil dalam bencana asap di Pekanbaru beberapa waktu yang lalu. Bekerja sama dengan Indoman United dan komunitas Street Work Out se-Indonesia, mengadakan aksi bagi-bagi masker kepada masyarakat Pekanbaru.Salah seorang anggota komunitas PACS Pekanbaru memperagakan gerakan Plank. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Latihan Ala PACS Pekanbaru

Latihan yang berlokasi di Lapangan Mako Brimob Pekanbaru ini rutin dijadwalkan setiap Senin, Rabu dan Jumat jam 16.30 WIB. Dalam setiap sesi latihan, PACS memberikan komposisi yang berbeda-beda setiap latihannya.

“Misalnya, senin-nya kita fokus ke upper body atau tubuh bagian atas, Rabu full body dan Jumat fokus ke lower body. Atau bisa saja seharian itu kita cuma full push up atau full pull up. Jadi setiap hari itu gak akan sama latihannya,” kata Aditya, yang sekaligus menjadi trainer di PACS Pekanbaru.

Untuk latihan, sesuai dengan konsep olahraga street work out, mereka mengandalkan berat tubuh sebagai media latihan dalam mengolah bentuk dan kekuatan anggota tubuh. Alat bantu yang mereka pergunakan sekedar tiang pull up.

Ketika tripriau.com melihat PACS Pekanbaru berlatih, aura kekeluargaan sangat terasa. Mereka tidak berlatih secara monoton. Para anggota berlatih sambil saling membantu satu sama lain dalam melakukan work out. Sebagian dari olahraga mereka mengusung kerja sama tim.

Tidak semua anggota PACS merupakan orang-orang yang sudah mahir dalam melakukan street work out. Sebagian besar dari mereka merupakan pemula. Jadi, tidak ada alasan malu atau tidak bisa untuk bergabung di PACS Pekanbaru.

Porsi latihan yang diberikan sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing anggota. Anggota yang masih baru akan di latih secara bertahap.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk mengatakan street work out sebagai olahraga yang berat dan sulit dilakukan, atau merasa ribet dengan sistem keanggotaan.

Bersama PACS Pekanbaru, street work out menjadi olahraga yang mungkin untuk dilakukan oleh semua orang, tidak terkecuali untuk perempuan.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor  : Rio Sunera



Tags:  -