Ini Dia 5 Ruang Terbuka di Pekanbaru untuk Rekreasi

By Trip Riau  |  03 Desember 2015 17:49:25 WIB  |  City Guide

Ruang terbuka di Jl. Arifin Ahmad. Foto Amelia Aidilla / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- Di Pekanbaru terdapat beberapa taman bermain dan ruang terbuka sebagai pilihan tempat untuk berolah raga, berkumpul dengan teman, komunitas, atau sekedar menghabiskan sore bersama keluarga.

Jika anda seorang yang menyukai taman atau ruang terbuka, di kota ini terdapat beberapa tempat yang bisa menjadi tujuan anda. Meski Pekanbaru terkenal dengan panas dan terik matahari siang nya, ternyata Pekanbaru juga memiliki beberapa spot atau sarana rekreasi.

Mau tau di mana saja tempat-tempat itu berada? Berikut kami rangkum 5 taman dan ruang terbuka yang ada di Pekanbaru:

1. Taman Kota DiponegoroTempat Sampah unik di Taman Kota Diponegoro. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Taman Kota ini berada di Jl. Diponegoro, Pekanbaru. Untuk masuk ke dalam Taman Kota Diponegoro ini, anda tidak memerlukan karcis, alias gratis. Anda bisa memarkirkan kendaraan anda di sekitar gerbang masuk Taman Kota.

Ketika memasuki gerbang, anda akan bisa langsung mendapati area anak-anak di sisi kiri. Di tempat ini ada ayunan, jungkat-jangkit, perosotan dan berbagai permainan untuk anak lainnya.Salah satu pendopo yang terdapat di Taman Kota Diponegoro. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Selain itu, di sini juga terdapat jogging track, track terapi batu, pendopo, dan bangku taman yang di sebar di taman kota. Terdapat juga kolam yang cukup besar di sini. Pepohonan yang rindang menjadi peneduh dan pencegah panas matahari saat kita berada di taman ini.Duduk-duduk di pimgir kolam juga bisa anda lakukan di Taman Kota Diponegoro. Foto Amelia Aidilla / tripriau.com

Taman kota cocok dijadikan sebagai lokasi untuk acara outdoor bersama teman, komunitas atau acara kantor. Fasilitas-fasilitas yang disediakan terbilang lengkap dan bagus. Seperti adanya mushollah, toilet, dan tong sampah di setiap beberapa meter. Semua fasilitas di atas dalam keadaan bagus dan terawat.

2. Hutan KotaHutan Kota yang Berlokasi di Jalan Dipo V, samping gelanggang olahraga Tribuana. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Satu hal yang langsung terbersit di dalam pikiran ketika memasuki kawasan Hutan Kota: Damai. Seperti berada bukan di Pekanbaru, Hutan Kota membawa kita seakan-akan sedang berada di kawasan hutan yang sesungguhnya.

Pepohonan yang besar, tinggi dan rimbun serta tanaman merambat yang menggantung di pohon-pohon tersebut semakin membuat kita serasa berada jauh dari perkotaan.Suasana damai dan tenang serta udara yang segar akan Anda dapatkan ketika berada di Hutan Kota. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Meski siang, atmosfer di Hutan Kota tetap sejuk dan “spooky”. Jika anda beruntung, anda dapat melihat bias matahari menembus dedaunan dan jatuh ke rumput dengan indah. Anda akan lupa kalau anda masih berada di Pekanbaru. Pepohonan disana juga diberi label, sehingga kita dapat mengetahui nama-nama dari berbagai jenis pohon tersebut.

Berlokasi di Jalan Dipo V, samping gelanggang olahraga Tribuana, sebaiknya anda mengunjungi tempat ini bersama rombongan. Selain sebagai tempat pelepas jenuh dari suasana perkotaan, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat “hunting photo” bagi para penggemar photography.

3. Ruang terbuka di Jl. Arifin AhmadSalahg satu sudut dari ruang terbuka di Jl. Arifin Ahmad. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Ruang terbuka satu ini terletak di antara persimpangan Jalan Arifin Achmad dan Jalan Sudirman, Ruang terbuka ini bisa menjadi salah satu pilihan anda. Area ini cukup luas, dan tamannya hijau, tertata, dan terawat.

Untuk area anak-anak, tersedia berbagai permainan. Area anak-anak sejuk dan rindang. Di sekelilingnya tersedia bangku-bangku taman yang dapat digunakan para orang tua sambil memperhatikan anak-anak bermain.

Untuk berkunjung ke area terbuka ini, waktu sore hari lebih disarankan untuk menghindari terik matahari siang Pekanbaru. Semakin sore, area ini semakin ramai oleh anak-anak dan orang dewasa yang mampir sebentar dalam perjalanan pulang ke rumah masing-masing.

4. Stadion Utama Riau Di Stadion Utama Riau tersedia area wahana anak-anak yang menyewakan berbagai macam permainan. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Area di Stadion Utama Riau ini sangat luas. Berlokasi di Jalan Naga Sakti, kawasan ini menjadi salah satu tujuan masyarakat sekitar untuk bermain di luar ruangan. Dengan jalanan yang lebar dan kawasan yang luas, berbagai hal dapat anda temui disini.

Area berolah raga di sini sangat luas dan memuaskan. Anda bisa melakukan berbagai macam olah raga di sekitaran gedung utama.

Bagi anak-anak, tersedia area wahana anak-anak yang menyewakan berbagai macam permainan anak-anak. Atau anda juga bisa sekedar menikmati sore sambil menikmati jajanan yang ditawarkan di sekitar kawasan ini.

Banyaknya masyarakat berkunjung ke sini setiap harinya membuat para pedagang memiliki berbagai macam lahan bisnis. Mulai dari penyewaan alat olah raga, seperti bulu tangkis, penyewaan permainan anak-anak, penyewaan sepeda tandem, dan berbagai jenis makanan dan minuman. Anda memiliki banyak pilihan yang dapat dilakukan ketika berkunjung kesini.

5. Sience Park Universitas RiauTaman Ilmu Universitas Riau. Foto: amelia Adilla / tripriau.com

Sience Park atau Taman Ilmu Universitas Riau menjadi tempat yang bagus untuk berkumpul bersama teman-teman. Banyak mahasiswa yang berkumpul dan membuka forum diskusi di Sience Park ini.

Mereka membuat kelompok-kelompok kecil di bawah pohon, di bangku taman, dan di pondok tengah danau yang ada di sini.

Selain didominasi oleh mahasiswa, sience park ini juga ramai dikunjungi oleh masyarakat umum di sore hari. Di sini juga tersedia wahana permainan untuk anak-anak. Ayunan, jungkat-jangkit dan berbagai permainan lainnya yang menarik dapat dinikmati anak-anak ketika berada di Sience Park.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor: Rio Sunera



Tags:  -