PLt Gubri: Pertajam Visi 2020 Dengan Pengembangan Sektor Wisata

By Trip Riau  |  09 Desember 2015 09:43:12 WIB  |  News

PLt Gubri dan Istri bersama Deputi Pengembangan dan Pemasaran Kementerian Pariwisata, membuka acara Kemilau Sumatera 2015 dengan pemukulan alat musik kompang. Foto: tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Untuk menunjang visi Riau 2020, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan bahwa pengembangan sektor pariwisata berbasis budaya akan mempertajam visi Riau tahun 2020 mendatang.

Visi Provinsi Riau tahun 2020 yakni terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin di Asia Tenggara.

Untuk mewujudkan hal ini, Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau menggencarkan satu sektor baru yakni pariwisata berbasis budaya. Sebab selama ini Riau terkenal dalam sektor perkebunan dan migas, maka Pemprov merasa perlu terobosan baru yaitu pariwisata.

Riau memiliki banyak potensi wisata ‘tersembunyi’ dan masih perlu dikembangkan. Andi- sapaan akrab Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, sektor pariwisata berbasis budaya tersebut akan sangat mendorong visi Riau 2020 dan dalam waktu dekat yakni saat masuknya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ke Indonesia, Riau khususnya sudah siap dengan sektor pariwisata ini.

“Dinas pariwisata saat ini sedang giat-giatnya memajukan pariwisata dan Pemerintah Provinsi juga mempertegas visi ini. Visi Riau 2020 yaitu bagaimana Riau menjadi pusat budaya melayu di Asia Tenggara,” ungkap Andi.

Andi menambahkan, pada saat ulang tahun Riau bulan Agustus lalu, pihaknya sudah mendeklarasikan Riau sebagai the homeland of melayu atau tanah tumpah darah Melayu.  

‘’Riau menjadi tumpah darah Melayu dan sebagai pusat kebudayaan Melayu,” katanya saat menyampaikan sambutan dalam opening ceremony Kemilau Sumatera, Senin (7/12) kemarin.

Kemilau Sumatera 2015 yang diadakan di Provinsi Riau mengangkat tema ‘Pesona Batik’. Batik yang merupakan warisan budaya bangsa dikatakan Andi juga akan mempertajam visi Riau 2020. Provinsi Riau juga memiliki corak batik tersendiri yaitu pucuk rebung. 

Pada iven ini juga terdapat beberapa stand yang memamerkan beberapa corak batik dari berbagai provinsi di Pulau Sumatera.

Penulis: Suci Aulya

Editor  : Rio Sunera

 



Tags:  -