Pemerintah, Perusahaan dan UKM Harus Bersinergi Majukan Pariwisata Riau

By Trip Riau  |  10 Desember 2015 06:58:16 WIB  |  News

Deputi Pemasaran Wisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Esthy Reko Astuty, memberi kata sambutan saat membuka pameran Kemilau Sumatera 2015 yang diadakan Disparekraf Riau. Foto: tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Tak hanya pemerintah, sektor swasta dan Usaha Kecil Menengah (UKM) harus bersinergi untuk memajukan pariwisata Riau.

Hal ini disampaikan Deputi Pemasaran Wisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Esthy Reko Astuty, saat membuka pameran Kemilau Sumatera 2015 yang diadakan Disparekraf Riau beberapa waktu lalu di Pekanbaru.

Menurutnya, kegiatan promosi wisata adalah sebuah direct promotion yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

Maka dari itu, pihak-pihak maupun pelaku pariwisata diharapkan dapat bersinergi dalam mewujudkan visi Riau 2020.

Berbicara mengenai pariwisata, tidak hanya terbatas pada pesona alam saja. Pelaku wisata pun tidak hanya pada wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah, tetapi juga terdapat pihak-pihak terkait yang mendorong kepariwisataan.

Esthy menuturkan, pihak-pihak seperti akademisi, perusahaan travel dan perhotelan misalnya, diharapkan bisa menyiapkan paket-paket destinasi wisatanya.

“Selain akademisi dan perusahaan, komunitas serta kelompok-kelompok wanita dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan Riau sebagai destinasi wisata sesuai dengan visinya tahun 2020,” ungkap Esthy

“Jadi tidak hanya sekadar promosi mengenai destinasi dan branding oleh pemerintah, tapi juga bagi pihak-pihak industri bisa memanfaatkan hal ini untuk turut mempromosikan produknya,” lanjutnya.

Hal tersebut diharapkan dapat mendorong pergerakan wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk datang ke Riau.

Apalagi Esthy mengetahui, bahwa setiap pekannya selalu ada kunjungan wisatawan dari Malaysia ke Riau.

Menurutnya, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi wisata yang sudah dimiliki Riau maupun yang baru dibuat.

Penulis: Suci Aulya

Editor: Rio Sunera



Tags:  -