XL Dorong UKM Manfaatkan Internet Cepat & Teknologi Digital

By Trip Riau  |  12 Desember 2015 07:54:57 WIB  |  Business

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir H Ishak Mekki MM dan jajaran Management XL

Tripriau.com- Kota empek-empek Palembang menjadi salah satu kota terpilih dalam acara peluncuran bersama layanan 4G para operator selular. PT XL Axiata Tbk, yang selama ini komit pada pembangunan sarana infrastruktur Internet untuk para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah), memfasilitasi dialog Presiden RI Jokowi dan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dengan UKM di Palembang, dan kota besar lainnya di Surabaya, Makasar dan Yogyakarta.

Pempek Lince, mewakili UKM yang ada di Palembang, berdialog dengan Rudiantara. Pemilik usaha pempek ini, Anton datang bersama isteri dan anaknya. “Saya berjualan sejak tahun 2008. Saat itu, teknologi selular masih edge, berkembang menjadi 3G dan akhirnya sekarang 4G. Saya berharap dengan 4G bisnisnya semakin maju. Apalagi saat ini sudah fokus di jualan online,” ujar Anton.

Dalam dialog dengan Menteri Kominfo Rudiantara, Wagub – Ir. H. Ishak Mekki MM menjelaskan banyak sekali pelaku UKM di kota Palembang khususnya. dengan adanya layanan 4G ini .. mudah-mudahan bisa membantu UKM,” ungkapnya Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan, yang datang di GrahaXL Palembang, menyatakan kegembiraannya terhadap layanan 4G dari XL ini dalam dialog tersebut.

Masih dalam rangkaian acara ini, di halaman GrhaXL Palembang berdiri sejumlah warung-warung kecil para UKM. Ada 6 usaha yang ikut memeriahkan acara ini. Mulai dari UKM yang bergerak di bisnis Songket, Makanan, Merchendise (batu- dan pernak-pernik) hingga kue-kue basah.

Sebuah apikasi baru, diperkenalkan langsung oleh XL pada kesempatan ini. Disampaikan oleh Agus Iljus – Head of GSM and Connectivity – tentang “Digibiz” sebagai aplikasi terbaru dari XL utk pelaku UKM. Aplikasi ini baru saja di launching di tanggal 3 Des ini mulai diperkenalkan ke para UKM di kota Palembang yang sudah terintegrasi dengan jaringan internet supercepat 4G LTE dari XL .

Ini selaras dengan yang disampaikan oleh Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, bahwa XL mendukung kalangan UKM melalui penyediaan platform khusus UKM "Digibiz", serta penyediaan layanan internet cepat 4G LTE, pada acara peluncuran layanan 4G LTE secara nasional di Jakarta, Jumat (11/12).

"Tingkat penetrasi internet pada masyarakat Indonesia semakin luas. Ini berarti semakin banyak konsumen yang mencari referensi belanja melalui internet dan layanan digital. Karena itu sudah saatnya rekan-rekan pelaku UKM untuk tidak ragu lagi memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital guna meningkatkan produktivitasnya. Apalagi, saat ini sudah tersedia layanan 4G LTE yang memungkinkan akses lebih cepat dan stabil untuk koneksi internet,” tutur Presiden Direktur XL, Dian Siswarini

Dian menambahkan, dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital, pelaku UKM bisa meningkatkan daya saingnya, bahkan dalam menghadapi perusahaan bermodal besar. Dia menyebut, internet memungkinkan pelaku UKM bisa mengatasi keterbatasan cakupan wilayah pemasaran dan promosi. Melalui media internet, pengusaha UKM di satu kota kecil bisa mengenalkan produk dan memasarkannya ke wilayah yang tanpa internet mustahil bisa dia lakukan.

Saat ini sudah banyak sekali UKM yang sudah memanfaatkan keunggulan pemasaran melalui internet dan digital. Mereka juga memanfaatkan keberadaan sejumlah e-commerce atau pasar digital yang menawarkan tempat promosi dan pemasaran. Dengan cara ini, biaya dan efektifitas pemasaran pun bisa lebih dimaksimalkan.

Guna ikut mendukung program pemerintah dalam mengembangkan UKM sekaligus membantu para pelaku UKM sendiri untuk bisa segera memanfaatkan internet dan teknologi digital, XL juga telah menyiapkan suatu layanan khusus bernama "DigiBiz". Layanan ini merupakan platform yang bersifat solusi digital yang sangat mudah diterapkan, bahkan hanya dengan ponsel saja sudah bisa dijalankan. XL cukup serius mengembangkan program ini, ditandai dengan investasi sekitar Rp 500 miliar untuk 3 tahun ke depan, guna mengembangkannya lebih lanjut.

Solusi DigiBiz ini terutama ditujukan bagi pelaku UKM yang memang memiliki kesadaran untuk menggunakan teknologi digital guna membangun bisnisnya. Secara garis besar, Digibiz menawarkan tiga manfaat. Pertama, Product Solution, yaitu berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk dapat mendukung bisnis UKM mereka.

Kedua, Business Solution, di mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco antara lain tempat berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis. Selanjutnya manfaat terakhir berupa Network atau jejaring, yaitu secara tidak langsung pelanggan akan mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Hadirnya internet cepat 4G LTE akan menambah kekuatan konten-konten data untuk keperluan promosi dan pemasaran. Kekuatan tersebut antaranya dalam bentuk format yang lebih informatif seperti video. Teknologi 4G LTE akan memungkinkan video bisa lebih mudah diakses dengan kualitas maksimal. Dengan Video, informasi yang lebih menarik dan informatif terkait suatu obyek layanan atau produk bisa lebih ditampilkan. Misalnya mengenai jasa layanan tertentu, yang mungkin akan lebih bisa dijelaskan menggunakan video daripada sekadar gambar atau tulisan.

Sementara itu, secara teknologi jaringan 4G, XL mengimplementasikan teknologi yang memungkinkan layanan 4G LTE memiliki khunggulan khusus. Menyesuaikan dengan trend permintaan atas layanan video, sejak awal XL mengambil kebijakan untuk langsung membangun layanan 4G LTE dengan standar mampu menghadirkan layanan "Extreme HD 360° Video".

Video ini menghadirkan tayangan yang tidak biasa. Sudut pandang video bisa mencakup 360°, yang hanya bisa dinikmati dengan kualitas internet yang benar-benar prima, baik secara kecepatan maupun kestabilan. Jadi, jika layanan internet super cepat XL mampu menghadirkan video jenis tersebut secara baik, maka juga akan unggul dalam menghadirkan jenis layanan data dan digital lainnya.

Dalam waktu yang relatif singkat, saat ini pelanggan XL yang telah menikmati layanan internet cepat 4G LTE mencapai lebih dari 3 juta pelanggan dan akan terus meningkat secara pesat. XL telah menggelar layanan 4G secara komersial di 19 kota, yang tersebar di berbagai provinsi, yaitu Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Jakarta, Bogor, Purwakarta, Cirebon, Bandung, Tegal, Pekalongan, Yogyakarta, Surabaya, Pacitan, Madura, Denpasar, Mataram, Banjarmasin, dan Manado.

Tidak kurang 3000 BTS menopang layanan XL 4G LTE. Segera XL akan terus menambah cakupan wilayah 4G LTE menjadi lebih dari 30 kota, sehingga semakin luas mayarakat yang akan bisa ikut mendapatkan manfaat dari internet cepat ini.(rls)



Tags:  -