Disparekraf Gelar Pembinaan Ekonomi Kreatif Berbasis MDI

By Trip Riau  |  14 Desember 2015 18:12:23 WIB  |  News

Kegiatan Pembinaan Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan I

Pekanbaru, tripriau.com- Bernilai dan diliriknya suatu produk dapat dilihat dari kemasan yang higienis dan desain yang menarik. Oleh sebab itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Krestif (Disparekraf) Provinsi Riau menggelar kegiatan bagi pelaku usaha yang akan berdampak pada peningkatan nilai pariwisata di Provinsi Riau.

Kegiatan ini yaitu Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek (MDI) di Hotel Drego, Pekanbaru Senin-Kamis (13-17/12) mendatang.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf Provinsi Riau, T. Zul Effendi mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan pembinaan kepada pelaku ekonomi kreatif agar mereka bisa memperhatikan kemasan dari produk yang mereka buat,  hingga menarik orang untuk membeli.Panitia acara sedang menyampaikan laporan kegiatan. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

"Kita mengganggap desain kemasan produk adalah sesuatu hal yang sangat penting sehingga orang tertarik membeli produk tersebut,” katanya kepada tripriau.com, Senin (14/12).

Zul menjelaskan, jika wisatawan datang ke suatu tempat pasti ada beberapa hal yang terbersit dalam benak mereka, yakni apa yang bisa mereka lihat, apa yang bisa dilakukan, apa yang bisa dimakan dan apa yang bisa dibeli.

Terkait poin apa yang bisa dimakan dan dibeli, dalam kegiatan inilah para pelaku usaha kecil dan menengah diberikan pengetahuan dan informasi mengenai betapa pentingnya kemasan dalam satu produk.

"Dari kemasan menarik yang dilihat oleh wisatawan akan mengundang rasa ingin tahu mereka dan mereka akan yakin produk yang mereka beli itu sesuai dengan apa yang mereka inginkan, apakah dari segi kualitas dan juga dari segi kehigienisan produknya,” ucapnya.

Produk yang dihasilkan Istiqomah adalah souvenir. Karena ia berada di daerah yang dekat dengan pesisir dan laut, maka bahan souvenir yang digunakan adalah dari sisik ikan.Pengalungan tanda peserta oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf Provinsi Riau, T. Zul Effendi. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Istiqomah juga mengaku pemasaran produknya masih hanya di daerah Bengkalis saja karena minimnya informasi yang didapatkan mengenai strategi pemasaran dan pengelolaan produk hingga kemasan.

Namun dengan adanya kegiatan ini, ia bisa mendapatkan ilmu yang lebih dalam untuk kelanjutan usaha kreatifnya.

Kegiatan ini juga diisi oleh seorang narasumber dari Kementerian Koperasi dan UMKM yaitu Yurnalis.

Yurnalis yang menyampaikan materinya dengan suasana santai hingga dapat mudah dimengerti oleh peserta ini memulai 'kelas' nya dengan perkenalan masing-masing peserta agar terciptanya satu kesatuan.

Yurnalis menyampaikan materi mengenai manajemen keuangan, manajemen packaging, labeling, manajemen produksi dan terakhir akan dilaksanakan praktek pembuatan kemasan yang menarik oleh masing-masing peserta untuk nantinya dipresentasikan secara individu.

Penulis: Suci Aulya

Editor: Rio Sunera

 



Tags:  -