Advertorial

Peserta Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif Presentasikan Hasil Desain Kemasan

By Trip Riau  |  16 Desember 2015 20:58:27 WIB  |  News

Peserta Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis MDI  di Hotel Drego Pekanbaru, Rabu (16/12/2015) (photo: Abdul Ronny/tripriau.com)

Pekanbaru, tripriau.com- Hari ini, Rabu (16/12/2015) merupakan kegiatan lanjutan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau yaitu Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis MDI di Hotel Drego Pekanbaru.

Peserta dengan produk usaha kreatifnya masing-masing hari ini dituntut untuk membuat desain kemasan produk lengkap dengan label dengan syarat yang telah ditentukan.

Hasil kemasan produk ini nantinya akan diperlombakan dan syarat pembuatan label yang sebelum dilakukan praktek tersebut telah dijelaskan oleh narasumber, menjadi salah satu penilaian penting dalam perlombaan ini.

Kelompok peserta dari 10 kabupaten/kota mempresentasikan hasil desain kemasannya dan akan dinilai oleh tiga orang juri yang sebelumnya menjadi narasumber.Setelah mendapatkan materi dari narasumber, peserta Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif yang digelar Disparekraf Riau mempresentasikan hasil karya di depan para juri. Foto: Muhammad Ridho / tripriau.com

Ketiga juri tersebut yaitu Weli Andrian selaku praktisi desain dan multimedia, Dra. Wellie Annalia, Apt, MM dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau, Yurnalis dari Kementerian Koperasi dan T. Zul Efendi selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf Provinsi Riau.

Presentasi tidak hanya mengenai hasil desain kemasan namun juga mengenai materi yang telah diberikan selama dua hari belakangan. Peserta diberi waktu maksimal tiga menit untuk mempresentasikan hasil desain kemasannya dan tujuh menit untuk sesi tanya jawab mengenai materi.

Salah satu peserta yang mempresentasikan hasil karyanya yaitu dari Kabupaten Pelalawan dengan usaha cookies patin.Salah seorang juri memberikan komentar presentasi peserta. Foto: Muhammad Ridho / tripriau.com

Kelompok ini mempresentasikan desain kemasan sekunder mereka. Kemasan sekunder yaitu kemasan yang tidak bersentuhan langsung dengan produk.

Peserta terlihat antusias dalam mengikuti perlombaan ini. Hal ini terbukti dengan aktifnya peserta lainnya yang melontarkan pertanyaan kepada tim penyaji secara bergantian.

Setelah seluruh peserta selesai mempresentasikan hasil desain kemasannya, keempat orang juri berembuk untuk menentukan pemenang dari perlombaan menarik ini.

Penulis: Suci Aulya



Tags:  -