Advertorial

Siak Raih Juara Pertama Lomba Desain Kemasan yang Digelar Disparekraf Riau

By Trip Riau  |  17 Desember 2015 18:14:39 WIB  |  News

Para Pemenang Lomba Desain Kemasan dalam Kegiatan Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disperikraf) Provinsi Riau. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com- Kegiatan Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek telah resmi ditutup oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi.

Setelah tiga hari diberi pembekalan dan materi mengenai manajemen keuangan, labeling dan desain, masing-masing peserta dari 10 Kabupaten/Kota mempresentasikan hasil karyanya yang berupa desain kemasan produk sendiri.

Usai mempresentasikan, tibalah saat yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman pemenang lomba desain kemasan yang disampaikan oleh ketua dewan juri, Yurnalis. Total hadiah yang akan dibawa pulang oleh pemenang adalah sejumlah Rp 36.500.000.

"Kami sulit memilih mana yang menjadi pemenang karena semuanya bagus," aku Yurnalis.

Juara I dalam perlombaan ini diraih oleh Kabupaten Siak dengan total skor 920, disusul Kabupaten Indragiri Hulu dengan skor 900 dan Kota Pekanbaru dengan skor 890.

Salah seorang pemenang, Afifuddin asal Pekanbaru

Tidak hanya juara I, II dan III, dalam perlombaan ini juga diberi penghargaan kepada juara harapan I dari Kepulauan Meranti dengan skor 840, juara harapan II dari Kabupaten Pelalawan dengan skor 810 dan terakhir dari Kabupaten Kuansing dengan skor 800.

Hadiah pemenang diserahkan secara simbolis oleh Tengku Zul Effendi dan diakhiri dengan foto bersama.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Krestif (Disparekraf) Provinsi Riau menggelar kegiatan Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek (MDI) di Hotel Drego, Pekanbaru Senin-Kamis (13-17/12).

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf Provinsi Riau, T. Zul Effendi mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan pembinaan kepada pelaku ekonomi kreatif agar mereka bisa memperhatikan kemasan dari produk yang mereka buat,  hingga menarik orang untuk membeli.

"Kita mengganggap desain kemasan produk adalah sesuatu hal yang sangat penting sehingga orang tertarik membeli produk tersebut,” katanya kepada. 

Zul menjelaskan, jika wisatawan datang ke suatu tempat pasti ada beberapa hal yang terbersit dalam benak mereka, yakni apa yang bisa mereka lihat, apa yang bisa dilakukan, apa yang bisa dimakan dan apa yang bisa dibeli.

Usai pengumuman pemenang lalu berfoto bersama semua peserta

Terkait poin apa yang bisa dimakan dan dibeli, dalam kegiatan inilah para pelaku usaha kecil dan menengah diberikan pengetahuan dan informasi mengenai betapa pentingnya kemasan dalam satu produk.

"Dari kemasan menarik yang dilihat oleh wisatawan akan mengundang rasa ingin tahu mereka dan mereka akan yakin produk yang mereka beli itu sesuai dengan apa yang mereka inginkan, apakah dari segi kualitas dan juga dari segi kehigienisan produknya,” ucapnya.

Penulis : Suci Aulya

 

 



Tags:  -