Disparekraf Riau Siapkan Instruktur Ekonomi Kreatif

By Trip Riau  |  19 Desember 2015 07:11:36 WIB  |  News

Pelatihan SDM ekonomi kreatif berbasis Media, Desain dan Iptek (MDI) dilangsungkan di Institut Teknologi Bandung (ITB) (photo: Muhammad Ridho / tripriau.com)

Pekanbaru, tripriau.com- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau menggelar kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) ekonomi kreatif berbasis Media, Desain dan Iptek (MDI) yang akan dilangsungkan di Institut Teknologi Bandung (ITB), 17-20 Desember 2015.

Memilih ITB sebagai tempat diselenggarakan kegiatan ini dikarenakan ITB yang terkenal sebagai pusat kreativitas dan desain. Maka hal tersebut sejalan dengan tujuan kegiatan yang akan dilakukan.

Sesampai di ITB, peserta akan diberi materi dan ilmu mengenai skill yang mereka miliki. Setelah kembali ke Pekanbaru, peserta akan bersepakat dan mengadakan perjanjian dengan pihak Disparekraf bahwa mereka akan siap untuk menjadi instruktur sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk tingkat kabupaten di Provinsi Riau.

"Peserta kali ini berasal dari berbagai background skill dan bidang ilmu. Jadi setelah pulang nanti, mereka akan ada MoU dengan kita bahw mereka siap untuk menjadi instruktur dibidang ilmunya,'' kata Kepala Seksi Media, Desain dan Iptek Disparekraf Riau, Hj Irbanita.

Tidak hanya menjadi instruktur, para peserta juga dipersiapkan untuk bisa memberi motivasi kepada pelaku ekonomi kreatif agar dapat bersaing tidak hanya secara lokal dan nasional, namun juga hingga internasional.

Kegiatan pada hari pertama yang akan diisi oleh Dekan ITB ini dilangsungkan selama tiga hari dua malam. Selain mendapat materi dari pemateri yang berkompeten dibidangnya, peserta juga akan berkunjung ke Institut Teknologi Nasional dan tempat-tempat kreatif yang ada di Bandung dan tempat-tempat kreatif yang ada di Kota Bandung.

Peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang di Provinsi Riau. 20 orang yang beruntung tersebut merupakan pelaku usaha kreatif yang diseleksi oleh Disparekraf melalui data yang diperoleh dari Usaha Kecil Menengah (UKM).

Penulis: Suci Aulya

Editor: Rio Sunera



Tags:  -