Melihat Kayanya Kuliner Riau di Riau Food Festival

By Trip Riau  |  22 Desember 2015 15:01:09 WIB  |  News

Chef Haryo merupakan salah seorang juri di Riau Food Festival 2015 yang digelar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau. Foto: Rio Sunera / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Dibanding kuliner daerah lain seperti Sumatera Barat dan Pulau Jawa, kuliner Riau relatif kurang dikenal. Bahkan di daerahnya sendiri, kuliner Riau kalah bersaing dengan kuliner luar daerah.

Tercatat, hanya kuliner seperti Bolu Kemojo, Lempuk Durian, dan Asam Pedas Baung yang sudah punya nama.

Namun, sebenarnya kuliner Bumi Lancang Kuning mempunyai potensi yang besar. Negeri ini sangat kaya akan hasil olahan makanan.

Kekayaan kuliner Riau ini bisa kita lihat di Riau Food Festival 2015 yang digelar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau di Purna MTQ Pekanbaru, Selasa (22/12).

Di Riau Food ini ada belasan stand yang menyajikan aneka masakan melayu Riau. Selain dipamerkan, kuliner-kuliner ini juga akan dilombakan.

Beragam kuliner Riau yang khas bisa kita temui di sini. Mulai dari, Bubuo Lambok, Es Putri Tujuh, Bubur Nilam Sari, Sesangko, Ago-Ago Pisang, Asam Pedas Ikan Tapah, Roti Canai, Hasidah, Bolu Kemojo, dan masih banyak lagi.

Peserta Riau Food Festival ini berasal dari berbagai kabupaten di Riau.

Salah satu juri, Chef Haryo mengatakan, kuliner melayu memiliki kekuatan alami dan keunikan yang belum banyak terangkat atau terlupakan.

''Harapannya, kegiatan ini bisa membuat makanan melayu terkenal di daerahnya. Ini sebuah langkah yang bagus. Kalau orang luar datang ke Riau, orang ingin lihat ciri khas Riau terutama kuliner. Makanan bukan hal yang sepele. Makanan adalah pondasi sebuah bangsa, ini potensi membangun ketahanan pangan nasional," kata alumni Master Chef Indonesia ini.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -