Melirik Bisnis Parcel Menjelang Natal dan Akhir Tahun

By Trip Riau  |  23 Desember 2015 19:09:13 WIB  |  Business

D' Kitchen Parcel (photo: Amelia Aidilla / tripriau.com)

Pekanbaru, tripriau.com- Menjelang Natal dan Tahun Baru, bisnis parcel mulai menggeliat. Beberapa toko di Pekanbaru sudah mulai memajang parcel-parcel dengan tema Natal dan Tahun Baru. Parcel-parcel ini biasanya menjadi bingkisan yang diberikan kepada teman maupun relasi.

Beberapa hari menjelang Natal dan Tahun Baru, bingkisan parcel mulai bermunculan. Bisnis parcel memang tergolong sebagai bisnis musiman. Parcel menjadi bingkisan yang diberikan kepada orang-orang dalam rangka merayakan hari-hari besar keagamaan dan lainnya.

Di Pekanbaru terdapat beberapa daerah yang terkenal dengan deretan penjual parcel menjelang perayaan hari-hari besar. Salah satu nya di Jalan Tuanku Tambusai. Di sini terdapat beberapa toko yang menyediakan parcel. Menjelang Natal dan Tahun Baru, mereka menyediakan parcel dengan tema ini.

Bisnis parcel memiliki keuntungan yang menggiurkan. Dalam bisnis parcel, para pengusaha biasanya dapat meraih keuntungan 20% hingga 30%.

Biasanya, pelanggan parcel ini sudah berlangganan dari tahun ke tahun. Pembelian parcel dalam partai besar biasanya berasal dari perusahaan.

Beberapa pengusaha parcel di Jalan Tuanku Tambusai ini juga menjadi pemasok parcel ke daerah-daerah di luar Pekanbaru, seperti Tanjung Batu, Pelalawan, dan Kampar. Untuk pengiriman ke luar kota, para pengusaha parcel mengenakan biaya pengiriman, sedangkan untuk pengiriman parcel di dalam kota Pekanbaru, mereka menawarkan pengiriman gratis.

Tripriau.com sempat mendatangi dua diantara penyedia  parcel di jalan Tuanku Tambusai. Kedua toko tersebut adalah D’Kitchen Parcel dan Shintia Florist & Parcel. Kedua tempat ini memiliki pelanggan yang berbeda.

"Yang menyediakan parcel ada beberapa sih. Tapi kan udah punya pasarnya sendiri, jadi gak terlalu berpengaruh,” kata Hendra, pemilik D’kitchen Parcel. D’Kitchen Parcel sendiri hanya buka menjelang hari raya besar keagamaan, seperti Lebaran serta Natal dan Tahun Baru.

Berbeda dengan Shintia Florist & Parcel, tempat ini buka setiap hari. “Kalau hari-hari biasa kita tetap buka, tapi fokus ke papan bunga. Parcelnya kalau ada orderan saja,” kata Shintia, pemilik Shintia Florist & Parcel.

Menjelang Natal dan Tahun Baru, parcel menjadi incaran orang-orang yang ingin memberikan bingkisan sebagai kado Natal. Selain praktis, parcel-parcel ini juga memiliki bentuk yang indah dan terkesan mewah, sehingga orang-orang memilih parcel sebagai salah satu bingkisan Natal.

Shintia Florist & Parcel (photo: Amelia Aidilla / tripriau.com)

Parcel-parcel ini disusun sedemikian rupa dengan isi berbagai macam. Mulai dari berbagai macam makanan, pecah belah, hingga ornamen-ornamen hiasan Natal.

Harga parcel pun berbeda berdasarkan isinya. Semakin mewah makanan dan pecah belahnya, semakin mahal harga parcel. "Harganya berbeda-beda berdasarkan isi. Bukan ukuran. Yang pasti kalau udah ada dimasukin pecah belah keramik, itu udah pasti mahal,” ujar Hendra.

Parcel-parcel yang beredar di Jalan Tuanku Tambusai ini mempunyai kisaran harga sekitar Rp 200.000 – Rp 2.000.000. Sedangkan yang paling diminati oleh masyarakat adalah parcel yang dengan harga Rp 200.000 – Rp 300.000. Untuk parcel dengan harga diatas Rp 800.000 biasanya dibuat berdasarkan orderan.

Untuk isi parcel tersebut, para pengusaha parcel biasanya memilih isian parcel secara berbeda setiap tahunnya. Tetap dalam tema Natal dan Tahun Baru, tetapi setiap tahunnya mereka memberikan isi parcel yang berbeda. Jika tahun ini bertemakan pohon Natal, bisa jadi tahun depan mereka memilih tema Rusa atau yang lainnya.

Hal ini diakui oleh para pengusaha parcel agar pelanggan tidak bosan dengan parcel mereka setiap tahunnya. Sehingga mereka memberikan variasi dari tahun ke tahun dalam parcel mereka.  Tujuannya, untuk menjaga konsumen tidak lari ke pengusaha parcel yang lain.

Untuk mempersiapkan parcel-parcel untuk Natal dan Tahun Baru, para pengusaha parcel telah memulai pengerjaan beberapa minggu sebelum momen ini. Para pembeli biasanya juga tak jarang meminta pesanan parcel khusus. Untuk pesanan khusus, sebaiknya dipesan jauh hari sebelum Natal dan Tahun Baru.

Parcel menjadi pilihan bingkisan yang praktis dan terkesan lebih mewah karena telah disusun dalam keranjang sedemikian rupa dan dibungkus. Bagi anda yang ingin memberikan bingkisan untuk moment Natal ataupun Tahun Baru, parcel menjadi bingkisan rekomendasi untuk anda.

Parcel dengan berbagai bentuk, ukuran dan harga dapat anda temui di beberapa tempat di Pekanbaru. Anda bisa mengunjungi D’Kitchen parcel, Shintia Florist & Parcel, atau toko-toko lainnya yang juga menyediakan parcel untuk menyambut momen penting ini.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor: Rio Sunera



Tags:  -