Bono Rescue Community Gelar Lomba Bakudo Bono

By Trip Riau  |  25 Desember 2015 14:39:46 WIB  |  News

Lomba Bakudo Bono yang dilaksanakan besok, 26-28 Desember 2015 mendatang diharapkan semakin banyak wisatawan datang ke Teluk Meranti, Pelalawan

Pekanbaru, tripriau.com- Untuk menarik wisatawan datang ke Teluk Meranti, Pelalawan, Bono Rescue Community (BRC) Teluk Meranti menggagas perlombaan "Bakudo Bono". Menggandeng Bank BCA, kegiatan Bakudo Bono yang diselenggarakan 26-28 Desember 2015 mendatang rencananya akan diikuti puluhan peselancar lokal sebagai peserta.

Untuk diketahui, "bakudo" adalah bahasa masyarakat setempat untuk kata "berkuda".Sementara, Bakudo Bono adalah perlombaan berselancar di ombak bono, Teluk Meranti, Riau. Bakudo bono sendiri adalah perumpaan untuk para peselancar yang berselancar di ombak bono, seakan-akan mereka menunggangi ombak bono yang terus melaju menyisiri sungai Kampar.

Tak kurang, diperkirakan 75 orang peselancar lokal dari segala umur akan menjadi peserta.Bagi yang terbaik, panitia telah mempersiapkan hadiah sebesar Rp2.000.000 untuk juara pertama, juara kedua Rp1.500.000, juara ketiga Rp1.000.000 dan juara keempat sebesar Rp500.000.

Kegiatan Bakudo Bono merupakan agenda tahunan dari Kecamatan Teluk Meranti, namun sayang aktifitas masyarakat Kabupaten Pelalawan ini belum terkelola dengan baik. Terbukti, kegiatan yang sangat potensial ini harus terhenti tahun lalu.

Setelah BRC menjadi penyelenggara dan didukung salah satu bank ternama di Indonesia yaitu BCA cabang Teluk Meranti, kegiatan yang sudah dinanti-nanti masyarakat ini kembali dapat terlaksana.

"Sebelumnya kegiatan Bakudo Bono sempat vakum, tahun ini BRC yang menjadi penyelenggaranya,” tutur Jhon Bono kepada tripriau.com, Jum’at (25/12/2015)  .

Jhon menjelaskan, kegiatan perlombaan akan dilaksanakan selama tiga hari di puncak tinggi ombak bono. Dalam sehari akan ada sekitar 25 orang peselancar yang akan "bakudo bono".

Ombak bono diperkirakan akan mencapai ketinggian 3-5 meter pada tanggal 26-28 Desember 2015 nanti.

"Selama ini acara bakudo bono masih menjadi tontonan masyarakat lokal. Kami berharap, masyarakat luar semakin banyak datang ke Teluk Meranti untuk melihat Bakudo Bono dan ombak Bono,” tutup Jhon menyudahi.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor : Sukma Putra



Tags:  -