Hati-hati, Batik Printing Bukanlah Batik Asli

By Trip Riau  |  01 Januari 2016 18:14:54 WIB  |  News

Batik yang asli akan terlihat dari motifnya yang timbul pada kain serta warnanya yang jelas pada bagian luar dan dalam kain. Foto: Suci Aulya / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Pengertian batik seperti yang disepakati oleh Konvensi Batik Internasional adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada suatu media dengan menggunakan lilin atau malam sebagai alat perintang warna.

Saat ini batik dibagi menjadi tiga yaitu batik tulis, batik cap dan batik printing. Menurut pemilik Batik Corak Riau, Siti Raida Hidayat, batik printing atau batik sablon merupakan hasil textil dan bukan batik.

“Kalau sablon itu textil dan textil itu bukan batik. Batik yang asli hanya batik tulis dan batik cap,” katanya.

Menurutnya, masyarakat perlu diedukasi mengenai batik. Apalagi ketika masuknya pasar bebas ke Indonesia, akan banyak masyarakat asing yang akan membuat batik, tetapi tidak asli. Maka untuk hal ini masyarakat harus berhati-hati.

Batik printing atau batik sablon dalam proses pembuatannya tidak menggunakan lilin sebagai perintang warna karena telah menggunakan mesin. Cara yang paling mudah untuk mengenali batik printing ini adalah dengan mengecek bagian luar dan dalam kain.

Pada bagian luar warna motif dari batik printing akan terlihat jelas sementara bagian dalam kain warna dari motif batik tidak akan terlihat jelas.

“Batik printing warnanya tidak tembus sampai ke dalam kain,” ungkap Siti.Meski Anda dapat membeli batik ini dengan harga yang lebih murah dari batik tulis atau batik cap, namun batik printing yang biasanya menggunakan kain katun kualitasnya dibawah batik asli. Foto: Suci Aulya / tripriau.com

Kerugian membeli batik printing ini adalah karena kualitasnya yang rendah. Meski Anda dapat membeli batik ini dengan harga yang lebih murah dari batik tulis atau batik cap, namun batik printing yang biasanya menggunakan kain katun kualitasnya dibawah batik asli. Apabila dicuci biasanya kainnya akan menyusut dan warnanya pun akan luntur.

Batik yang asli akan terlihat dari motifnya yang timbul pada kain serta warnanya yang jelas pada bagian luar dan dalam kain. Batik inilah yang telah disahkan oleh UNESCO sebagai warisan asli Indonesia.

Siti juga menjelaskan bahwa perbedaan antara batik tulis dan batik printing, tidak akan ada pengulangan motif dan lengkukannya tidak sesempurna batik cap.

Namun, di antara batik tulis dan batik cap ini, batik tulis yang memiliki nilai seni lebih tinggi. Sebab, proses pengerjaannya yang membutuhkan konsentrasi tinggi dengan menggunakan alat canting serta pengerjaannya yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama.

Harga dari batik asli ini pun beragam. Tergantung motif serta bahan yang digunakan. Bagi Anda yang berminat untuk membeli batik dengan kualitas baik dan asli, Anda bisa menyambangi Gerai Batik Corak Riau yang berada di jalan Lembaga Pemasyarakatan nomor 23 C atau tepatnya di sebelah Rumah Sakit PMC Pekanbaru.

Selain di daerah Gobah, Gerai Batik Corak Riau juga berada di Jalan Durian nomor 21 A atau tepatnya di simpang empat stasiun TVRI Pekanbaru. Untuk mencari tahu lebih lanjut, Anda juga bisa mengunjungi beberapa sosial media facebook dan google plus: Batik Corak Riau dan twitter: @BatikCorakRiau

Penulis: Suci Aulya

Editor: Rio Sunera

 



Tags:  -