Tampil Nyentrik dengan Sepatu Lukis Shiro

By Trip Riau  |  02 Januari 2016 17:33:34 WIB  |  Business

Wahyu Hidayat, Owner Shiro Sepatu Lukis. (Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com)

Pekanbaru, tripriau.com - Memiliki sepatu yang unik, nyentrik dan menarik tentunya menjadi impian semua orang. Apalagi  sepatu tersebut memiliki motif sesuai dengan apa yang kita inginkan. Shiro Collection menawarkan sepatu Lukis yang unik dan berbeda dari yang lain. Motif sepatu lukis ini dibuat handmade sesuai keinginan kita.

Sepatu dengan motif handmade memang sedang menjadi buruan. Berawal dari 2012 yang lalu, saat sepatu lukis mulai menjadi trend di Jakarta. Masyarakat Pekanbaru mulai melirik sepatu lukis dengan motif-motif yang mereka inginkan.

Berawal dari kegemaran Wahyu, owner Shiro Collection dalam dunia seni, dia melihat peluang bisnis dari trend sepatu lukis tersebut.

“Awalnya coba-coba keberuntungan, join sama teman buka usaha shiro collection. Kebetulan waktu itu sepatu lukis lagi booming di Jawa,” ujar Wahyu kepada tripriau.com.

Memanfaatkan trend mode tersebut, Wahyu memulai bisnis jasa melukis sepatu. Sepatu lukis yang ditawarkan memiliki rentang harga mulai dari Rp 130.000 hingga Rp 300.000 per pasang. Dalam sebulan, Shiro Collection mendapat orderan lukis sepatu 60 – 100 pasang sepatu.

Wahyu Hidayat, owner Shiro Collection sedang melukis sepatu salah satu pelanggannya. (Foto: Amelia Aidill / tripriau.com)
Dengan modal cuma Rp 2.000.000 saat awal memulai usahanya 3 tahun yang lalu, saat ini omset yang dapat dihasilkan oleh Shiro Collection mencapai Rp 10.000.000 per bulannya.

Shiro Collection menyediakan enam model sepatu yang dapat kita pilih. Mulai dari sneaker, wadges, hingga sepatu untuk anak-anak. Motifnya menyesuaikan dengan permintaan pembeli. Motif yang sering diminta pelanggan adalah karakter-karakter tokoh kartun, seperti, doraemon, hello kitty, spongebob, dan frozen.

Pembuatan sepatu lukis memakan waktu sekitar satu minggu untuk satu pasang sepatu. Pembuatan sepatu lukis dikerjaan oleh Wahyu menggunakan perlengkapan lukis. “Proses pembuatan lukisannya handmade, dan dibuat berdasarkan pesanan,” jelas Wahyu.

Untuk melukis sepatu tersebut, Wahyu menggunakan cat khusus, “Biasanya kita pakai cat acrilyc khusus untuk bahan kanvas sepatu, biar tahan lama di sepatuny,” terang Wahyu.

Wahyu juga membagi tips merawat sepatu lukis kepada tripriau.com. Menurut Wahyu, untuk perawatan sepatu lukis agar terlihat tetap seperti baru, ada beberapa cara khusus.

“Ketika membersihkannya jangan direndam terlalu lama, terus ketika membersihkan nodanya cukup digosok lembut menggunakan sikat gigi. Menjemurnya usahakan untuk tidak terkena sinar matahari langsung, agar warnanya tidak pudar,” jelas Wahyu.


Shiro Collection

Shiro Collection merupakan salah satu usaha kreatif anak muda di Pekanbaru. Owner-nya adalah Wahyu Hidayat, mahasiswa Hukum di salah satu universitas di Riau. Melalui jemari-jemari kreatif wahyu, dia menciptakan bermacam-macam motif lukisan di atas sepatu, memenuhi permintaan dari para pelanggannya.

Shiro collection berdiri dari tahun 2012. Hingga tahun ketiganya, Shiro collection terus mengalami perkembangan yang signifikan. Meskipun saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa seni lukis sepatu, namun Shiro Collection tetap menjadi salah satu pemimpin pasar di Pekanbaru.

Nama Shiro collection sendiri mengambil dari bahasa jepang. “Shiro berarti Putih dalam bahasa Jepang. Kata putih diambil sebagai salah satu warna netral yang dapat menyatu dengan warna apa saja. Jadi harapannya Shiro Collection ini dapat disukai oleh semua kalangan,” beber Wahyu.

Wahyu menekuni dunia seni lukis secara otodidak. Dia mulai mendalaminya semenjak mulai menawarkan jasa lukis sepatu berbekal hobinya di bidang seni.

Shiro Collection. (Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com)

Hingga saat ini, Shiro collection terus memberikan inovasi-inovasi dalam produk mereka. Shiro collection berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen.

Selain sepatu, Shiro Collection juga menawarkan jasa melukis di berbagai benda lainnya. Seperti tas lukis, headphone lukis, kacamata lukis dan sebagainya.

Urusan motif, dijamin tidak ada copy-an nya. Karena di Shiro Collection, lukisannya dibuat langsung khusus untuk anda.

Tertarik untuk memiliki sepatu dengan motif handmade? Anda bisa langsung menghubungi Shiro Collection melalui facebook (Shiro sepatu lukis), atau melalui instagram (shiro_sepatu).

Penulis: Amelia Aidilla
Editor: Rio Sunera



Tags:  -