Cara PLATBM Perkuat Bisnisnya di Tahun Ini

By Trip Riau  |  05 Januari 2016 16:53:45 WIB  |  Business

Mohammad Reyhanougy, Owner PLATBM1912. (Doc. tripriau.com)

Pekanbaru, tripriau.com– Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2016 ini, memberikan peluang dan tantangan sendiri bagi para pelaku usaha, khususnya kecil dan menengah. Pangsa pasar dan tingkat persaingan yang semakin luas, menuntut pelaku usaha mesti kreatif dalam menjalankan bisnisnya.

Bagi PLATBM1912, MEA menjadi momen yang tepat untuk memperluas pangsa pasar mereka. Masuknya warga negara asing ke Indonesia, bisa dibidik sebagai calon konsumen.

“Terutama bagi para pendatang dari Malaysia dan Singapura, kita ingin memperkenalkan melayu Riau kepada mereka, yang juga berasal sari satu rumpun melayu,” jelas Mohammad Reyhanougy, owner PLATBM1912.

Selain sebagai oleh-oleh bagi para turis yang datang ke Riau, Platbm1912 juga melakukan edukasi pasar, khususnya di segmen anak muda.

Caranya, mereka menyediakan desain premium bertaraf kaos distro untuk anak muda. Sehingga, anak muda pun ikut memakai kaos Platbm1912 yang selalu melekatkan identitas Riau disetiap desainnya ini.

Saat ini,sebagai salah satu brand kaos khas Riau, PlatBM berkembang dengan baik. Sejak 2014 lalu, mereka membuka store offline, mendampingi website www.platbm1912.com yang mereka kelola sebelumnya.

Pembukaan store offline menjadi salahsatu pemenuhan kebutuhan pasar mereka. Store ini beralamatkan di Jalan Kamboja, Garuda Sakti, Panam, Pekanbaru.

“Mabes (sebutan untuk store Platbm1912) ini berdiri awalnya karena anak-anak Pekanbaru yang tidak terbiasa untuk belanja online. Kebanyakan mereka lebih memilih datang dan melihat barangnya secara langsung” terang Reno, sapaan akrabnya.

Saat ini, Platbm1912 berhasil menjual lebih kurang 250 produk dalam sebulan. “Untuk tahun 2016 ini kita menargetkan menjual 1000 pieces dalam sebulan,” beber Reno penuh semangat.

Untuk mencapai target tersebut, Platbm1912 melakukanberbagai inovasi produk. Mulai dari desain hingga pilihan aksesoris. Platbm1912 juga menyediakan varian model kaos dan aksesories seperti sendal dan lainnya.  Desain platbm1912 juga hadir secara limited edition.

‘’Setiap bulannya akan di produksi 10 desain baru, dan 10 desain bulan sebelumnya. Begitu setiap bulannya hingga terjadi pemutaran desain. Jadi, desain yang terbit beberapa bulan yang lalu nggak akan diproduksi lagi,” ujar Reno.

Strategi ini telah berjalan beberapa bulan dan mendapat respon positif dari pelanggan.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor: Rio Sunera



Tags:  -