Ru’a Cat Shop, Mengajak Kita Lebih Peduli Terhadap Kucing Jalanan

By Trip Riau  |  06 Januari 2016 10:38:09 WIB  |  City Guide

Ru’a Cat Shop yang berada di jalan Belimbing nomor 19, Pekanbaru. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Pekanbaru, Tripriau.com- Jika melihat kucing jalanan yang membutuhkan perhatian khusus, Violetta Hasan Noor akan mengambil kucing tersebut. Ia membawa ke Ru’a Cat Shop. Disana ia menampung kucing jalanan berkebutuhan khusus yang ia temui.

Ketika tripriau.com datang ke Ru’a Cat shop, puluhan kucing yang ada disini langsung menyambut. Kucing-kucing ini merupakankucing kampung yang diselamatkan dari jalanan. Jumlahnya sekitar 40 ekor. Jenis kucing yang berkeliaran didalam Ru’a Cat shop ini adalah kucing kampung.

Hal ini yang membedakan Ru’a dengan cat shop lainnya. Di sini, mereka (Ru’a) menjadi relawan untuk kucing-kucing jalanan. Mereka memberikan tempat tinggal dan merawat kucing-kucing yang telah mereka selamatkan dari jalanan.

Hingga saat ini, total kucing jalanan yang telah diselamatkan oleh Violetta mencapai 120 ekor. Sebagiannya mereka tempatkan di Ru’a Cat Shop, Jalan Belimbing nomor 19, Pekanbaru.

 “Kucing yang dibawa kesini bukan asal kucing jalanan, tetapi kucing yang memang butuh pertolongan, seperti anak kucing yang belum bisa mandiri, kucing yang pincang, luka atau berkebutuhan khusus lainnya,” jelas Violetta, owner Ru’a Cat Shop yang menyayangi kucing sejak kecil ini. Kandang kucing di Ru'a Cat Shop. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Biasanya, setelah beberapa lama berada di Ru’a Cat Shop, kucing-kucing tersebut mulai sehat dan terlihat menggemaskan. Meskipun kucing kampung, mereka tidak kalah menggemaskan dibanding dengan kucing ras lainnya.

“Kenapa kucingnya kita letak disini? Biar bisa menjadi contoh ke orang-orang yang datang, walaupun kucing kampung, jika dirawat dengan baik dan dikasih makanan yang tepat, tidak kalah lucu dibanding kucing-kucing ras lainnya. Disamping itu, perawatannya pun jauh lebih mudah dibanding kucing ras seperti angora, misalnya” ulas Violetta.

Selain makan dan kebersihan sehari-hari, kucing-kucing disini mendapat asupan vitamin setiap harinya. Ru’a Cat Shop juga rutin memberikan obat anti kutu, obat cacing dan mensterilkan kucing. Mensterilkan kucing adalah tindakan yang dilakukan agar kucing tidak beranak pinak.

Menerima Donasi Untuk Kucing Jalanan

Violetta memelihara kucing jalanan sudah sejak lama. Saat jumlah kucing-kucing tersebut terus bertambah, kendala tenaga dan biaya membuat Violetta mendirikan Ru’a Cat Shop pada tahun 2006. Keuntungan dari Ru’a Cat Shop menjadi sumber pemasukan utama untuk kucing-kucing tersebut.Sekitar 40 ekor kucing di tampung di Ru'a Cat Shop. Foto: Amelia Aidilla / tripriau.com

Berhubung jumlah kucing yang tidak sedikit, biaya yang harus dikeluarkan pun semakin bertambah. Untuk itu, Ru’a Cat Shop menerima bantuan donasi dari para relawan. Bantuan donasi tersebut bisa berupa uang dan makanan kucing.

“Kita menerima bantuan donasi dari teman-teman, bisa berupa uang ataupun makanan. Untuk donasi makanan, bisa dengan cara berbelanja langsung di Ru’a Cat Shop,” ujar Violetta.

Sedangkan untuk donasi dalam bentuk uang, anda bisa transfer langsung ke Bank Mandiri nomor rek. 526244848 atas nama Violetta Hasan Noor.

Secara berjangka, donasi-donasi yang masuk untuk kucing yang diselamatkan akan diposting di instagram @ruacatshop_violettarescue. Hal ini bertujuan untuk transparansi donasi yang masuk.  Donasi tersebut akan dipergunakan untuk membiayai pengobatan kucing dan kebutuhan lainnya.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor: Rio Sunera



Tags:  -