Menyambangi Pasar Wisata Tertua di Pekanbaru

By Trip Riau  |  06 Januari 2016 19:26:38 WIB  |  City Guide

Pasar Wisata Pasar Bawah, pasar tertua di Kota Pekanbaru. Foto: Dok. / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Pekanbaru tanpa mengunjungi Pasar Bawah yang telah diresmikan oleh pemerintah sebagai pasar wisata. Di pasar bawah, Anda dapat membeli berbagai pernak-pernik antik dengan harga miring.

Pasar bawah terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Senapelan serta berada persis di dekat Sungai Siak dan pelabuhan. Pasar ini menjadi pusat perbelanjaan barang-barang antik dan pernak-pernik rumah tangga yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Pasar Bawah terdiri dari empat lantai dengan berbagai fasilitas seperti area parkir, toilet, mushalla dan eskalator yang memudahkan pengunjung untuk mengakses antara satu lantai ke lantai lainnya.

Memasuki pintu masuk menuju basement pasar bawah, Anda akan langsung menemui belasan pedagang yang menjual berbagai bentuk dan motif gordyn, seprai, bantal, selimut dan lain-lain.

Selain itu, di lantai ini Anda juga akan menjumpai pedagang yang menjual berbagai oleh-olehberupa makanan khas Riau serta beberapa jenis ikan teri, salai dan ikan asin. Ikan-ikan ini didatangkan dari berbagai daerah seperti Selat Panjang, Bengkalis, Tanjung Pinang, Medan, Sumatera Barat (Sumbar) hingga Kalimantan.

Harga ikan yang dijual berjejer rapi ini pun beragam, mulai dari 70 hingga 280 ribu rupiah.

“Yang paling mahal harganya itu ikan bilis dari Sumbar,” kata seorang pedagang, Anton kepada tripriau.com.

Selain ikan, disini juga dijual berbagai bumbu masakan kasar maupun yang sudah ditumbuk halus seperti bawang putih, bawang merah, cabai dan sebagainya.

“Biasanya pembeli itu ramainya di hari-hari libur. Yang beli juga bukan cuma orang Pekanbaru, tapi juga dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Thailand,” tutur Anton.

Kembali menyusuri basement pasar ke bagian sebelah kiri, akan Anda temukan beberapa pedagang yang menjual aneka makanan serta keripik khas Riau dan Sumbar. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Sumbar untuk dapat mencicipi keripik khasnya seperti sanjai dan teman-temannya. Anda cukup datang ke pasar bawah dan membawa pulang keripik ini dengan harga terjangkau tentunya.

Aneka makanan khas Riau dapat ditemukan di Pasar Wisata Pasar Bawah, seperti lempuk durian, keripik nenas, bolu kemojo dan lain-lain. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Naik ke lantai satu,  di sini dijual berbagai tas cantik untuk wanita dengan kualitas dan harga yang juga miring. Selain itu juga terdapat pedagang yang menjual emas, jam, kerajinan khas Riau seperti Kain Songket Riau, batik Riau, Baju Melayu Khas Riau dan sebagainya.

Berjalan mengelilingi lantai satu pasar tertua di Pekanbaru ini, akan terdapat barang pecah belah, lampu-lampu hias, guci, patung dan keramik.  Barang-barang ini merupakan barang second yang diimpor dari luar negeri.

Mengenai kualitas, Anda tak perlu khawatir. Karena di pasar bawah ini menjual barang-barang dengan kualitas terbaik.

Lalu beranjak ke lantai dua, disini Anda akan dimanjakan dengan berbagai dagangan sepatu, pakaian wanita, pria dan anak serta koper untuk bepergian. Di lantai ini juga terdapat fasilitas toilet serta mushalla.

Lantai tiga dan empat pasar bawah belum digunakan secara maksimal. Di lantai tiga hanya terdapat beberapa pedagang yang menjual pakaian casual untuk pria dan wanita. Masih banyaktoko yang belum terisi di lantai ini. begitupun lantai empat yang belum difungsikan.

Penulis: Suci Aulya

Editor: Rio Sunera



Tags:  -