Wow... Inilah 5 Air Terjun Paling Populer di Riau

By Trip Riau  |  08 Januari 2016 20:34:17 WIB  |  Wisata Riau

Air Terjun Batang Koban tingkat ke-empat, di Desa Lubuk Ambacang, Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com– Riau ternyata menyimpan potensi wisata air terjun yang sangat besar. Sangat banyak spot air terjun alami yang menawarkan lanskap yang indah. Masing-masing air terjun ini memiliki keindahan dan keunikan masing-masing.

Beberapa diantaranya sudah sangat populer dan ramai dikunjungi, namun ada juga yang baru dikenal. Air terjun ini tersebar diberbagai daerah di Provinsi Riau.

Berikut daftar 5 air terjun populer yang dirangkum tripriau.com dari berbagai sumber:

  1. Air Terjun Pulau Simo, Kampar

Air Terjun Pulau Simo yang berada di Desa Tanjung Alai, Kampar. Foto: Disparekraf Provinsi Riau for tripriau.com

Air terjun ini terletak di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XII Koto Kampar, Riau.  Air terjun ini memiliki kolam penampungan air yang dalam. Di kawasan air terjun ini juga terdapat lokasi strategis untuk camping. Bahkan,di lokasi ini Anda juga bisa menemukan mata air perbukitan yang bisa diminum.

Untuk akses, air terjun ini tergolong sangat mudah. Dari Pekanbaru, Anda butuh waktu tempuh lebih kurang2,5 jam untuk mencapai XII Koto Kampar. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki lebih kurang 200 meter untuk mencapai lokasi air terjun. Perjalanan yang lumayan menghemat tenaga bukan?

 

  1. Air Terjun Aek Matua, Rokan Hulu

Air Terjun Aek Martua, Kabupaten Rokan Hulu. Foto: bensap.blogspot.com

Air terjun ini cukup unik. Memiliki konstruksi batu tebing yang bergelombang dan sedikit melandai. Tak jarang masyarakat sekitar juga menyebutnya dengan air terjun tangga seribu. Ketinggian setiap tingkat air terjun ini berbeda-beda. Lanskap alam yang hijau membingkai air terjun Aek Matua ini. Keindahannya pun makin mempesona dengan adanya batu-batu cadas aneka bentuk di sekitar air terjun ini.

Air terjun Aek Matua berlokasi di Dusun Hutan Padang, Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu, Provinsi Riau. Untuk mencapai air terjun ini, aksesnya terbilang lancar. Anda bisa menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Memasuki lokasi, Anda harus berjalan kaki sekitar 3,5 kilometer untuk dapat menikmati Air Terjun Aek Matua ini.

 

  1. Air Terjun Panisan, Kampar

Air Terjun Panisan yang berada di Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Air terjun ini sedang menjadi primadona. Mulai booming sejak diposting di salah satu social media beberapa waktu lalu. Berkunjung ke Air Terjun Panisan ini, kita dapat menikmati dua air terjun sekaligus.

Air terjun pertama yang kita temui memiliki kolam penampungan dibawah cucuran air terjunnya. Jika kita meneruskan mendaki tebing batu, kita akan menemukan air terjun yang lebih kecil. Air terjun ini bisa menjadi rekomendasi bagi pengemar hiking.

Perjalanan menuju ke air terjun ini melewati bukit yang sebagian besar masih merupakan hutan alami. Terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Riau, perjalanan memakan waktu sekitar tiga jam dari Pekanbaru. Untuk akses ke air terjunnya, hanya bisa dilalui dengan sepeda motor dan jalan kaki.

  1. Air Terjun Pangkalan Kapas, Desa Lubuk Bigau

Air Terjun Lubuk Bigau, Kabupaten Kampar. Foto: gemalahanafiah.wordpress.com

Air terjun ini menjadi ‘’surga’’ bagi pecinta petualangan. Jatuh dari ketinggian 150meter, air terjun Pangkalan Kapas ini tidak menyentuh tebing sedikitpun. Tebing yang miring ke dalam membuat air langsung terjun ke bawah. Air terjun ini juga digadang-gadang sebagai air terjun tertinggi di Riau, bahkan Sumatera. Tempias dari air terjun ini bahkan sudah terasa dari jarak beberapa meter dari kolam penampungan.

Meski belum begitu banyak dikunjungi, namun ketinggian yang dimiliki air terjun ini sudah jadi pembicaraan hangat di masyarakat.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Riau. Akses jalan yang masih sulit dan jauh menjadi tantangan tersendiri saat coba menikmati keindahan air terjun ini. Untuk mencapai air terjun ini, akan lebih seru dengan menggunakan motoratau mobil berspesifikasi khusus.

 

  1. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Kuantan Singingi

 

Air Terjun ini diberi nama Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan.

Ketinggian air terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatannya, untuk air terjun tingkat pertama dan keempat mencapai ketinggian antara 5-15 meter.  Bahkan pada tingkat ke-enam mencapai ketinggian sekitar 30 meter lebih.

Air terjun ini terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Perjalanan kesini dapat ditempuh dengan kendaraan hingga Desa Lubuk Ambacang. DariSungai Batang Kuantan, kita melanjutkan perjalanan menggunakan sampan bertenaga mesin. Untuk sampai ke tujuh tingkat air terjun ini, kita harus mendaki tebing.Air Terjun Batang Koban tingkat ke-enam, dengan ketinggian sekitar 30 meter, yang berada di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com

Nah, itu dia 5 air terjun poluler di Riau. Segera agendakan perjalanan Anda dari sekarang. Yang terpenting, Anda harus arif dan menjaga kelestarian alam. Pastikan Anda tidak merusak dan meninggalkan sampah di lokasi air terjun. Selamat berpetualang, tripers!

 

Penulis: Amelia Aidilla

Editor: Rio Sunera



Tags:  -