Sambut MEA, Kemenpar Siapkan 1.500 Auditor Standar Usaha Pariwisata

By Trip Riau  |  12 Januari 2016 12:54:18 WIB  |  News

Gedung SKA Co Ex, salah satu tempat wisata MICE terbesar dengan standar Internasional di Pekanbaru. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Tripriau.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyiapkan 1.500 auditor standar usaha pariwisata untuk menyambut pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan beberapa waktu lalu, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai hal dalam menyambut MEA tahun ini.

Menurut Arief, sebagaimana diberitakan Kompas.com, kesiapan pariwisata dalam menyambut pemberlakuan MEA antara lain dengan mempersiapkan 28 standar usaha pariwisata.

Dimana tujuh standar usaha pariwisata sudah ditetapkan dalam Keputusan Menteri dan 21 di antaranya masih dalam draf.

"Kami juga sudah menyiapkan 1.500 auditor standar usaha pariwisata," katanya.

Kemenpar pun memfasilitasi sertifikasi kompetensi tenaga kerja bidang pariwisata serta pendirian 12 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang pariwisata.

"Pariwisata sejak jauh hari telah mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA terutama dalam kesiapan sumber daya manusia (SDM)," katanya.

Sejak 2007 hingga 2015, Kemenpar telah memberikan 81.627 sertifikasi kompetensi kepada tenaga kerja bidang pariwisata yang bekerja di 12 sub-sektor pariwisata.

"Mereka antara lain bergerak di bidang usaha hotel dan restoran, spa, biro perjalanan wisata, 'tour leader', tata boga, MICE, arung jeram, serta selam," kata Arief Yahya.

Menpar optimistis sektor pariwisata mampu bersaing di era MEA bahkan para pelaku industri di dalamnya diperkirakan bisa memanfaatkan peluang dalam MEA.

Penulis: Rio Sunera
Sumber: Kompas.com



Tags:  -