Candi Muara Takus Terlihat Hanya Batu Melulu, Pemerintah Belum Serius

By Trip Riau  |  14 Januari 2016 20:24:45 WIB  |  News

Candi Muara Takus merupakan candi tertua di Sumatera, berada di Kabupaten Kampar, Riau. Foto: Doc tripriau.com

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah dinilai belum serius membenahi cagar budaya nasional yang terdapat di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, seperti infrastuktur jalan menuju salah satu destinasi objek pariwisata dan peninggalan sejarah masa lalu.

"Kalau kita berjalan ke destinasi wisata Candi Muara Takus, maka kita lihat hanya batu melulu. Sampai sekarang, baik pemerintah provinsi atau kabupaten belum serius membenahi," kata Asosiasi Perjalanan dan Wisata Indonesia (ASITA) Riau Ibnu Masud di Pekanbaru, Rabu.

Sampai saat ini, lanjut Ibnu, terutama pemerintah provinsi belum fokus dalam membenahinya berbagai destinasi wisata di Riau termasuk Candi Muara Takus, padahal potensi untuk mengembangkan daerah tersebut sebagai wisata sangat besar.

Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs candi Budha yang terletak di di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Situs ini berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Situs Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan.

Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua,Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

Para pakar purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan situs candi ini didirikan. Ada yang mengatakan abad keempat, ada yang mengatakan abad ketujuh, abad kesembilan bahkan pada abad kesebelas.

Namun candi ini dianggap telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya, sehingga beberapa sejarawan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya.

Pada tahun 2009 Candi Muara Takus dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Muara Takus adalah situs candi tertua di Sumatera, merupakan satu-satunya situs peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau. Candi yang bersifat Buddhis ini merupakan bukti bahwa agama Buddha pernah berkembang di kawasan ini. Candi ini dibuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata.

Penulis: Rio Sunera

Sumber: Antarariau.com



Tags:  -