Melihat Coworking Space Pertama di Pekanbaru

By Trip Riau  |  19 Januari 2016 18:31:21 WIB  |  City Guide

Volks Koffie yang beralamat di Jl. Rajawali, No. 5, Sukajadi, Pekanbaru. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Kini, para pekerja kreatif, pegiat komunitas, hingga perusahaan start-up di Pekanbaru bakal lebih mudah dalam berinteraksi. Hadirnya coworking space pertama di kota ini, memudahkan satu sama lain dalam berkolaborasi, guna mengembangkan ekosistemnya masing-masing.

Layanan coworking space ini dibawa oleh Volks.co, sebuah perusahaan berbasis hospitality dan public relation.

Mereka menawarkan sebuah konsep coworking space atau kantor bersama. Sesuatu yang belum pernah ada di Pekanbaru. Ini inovasi dari layanan mereka yang disebut Volks Facility.

Konsep coworking space atau kantor bersama yang berada di gedung Volks lantai 2. Sesuatu yang belum pernah ada di Pekanbaru. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Coworking space ini berada di lantai 2 gedung Volks yang berada di kawasan Sukajadi, Pekanbaru. Persisnya di Jalan Rajawali nomor 5. Tempat yang disediakan cukup nyaman dan representatif.

Coworking space ini bisa memuat 40 orang untuk function room. Sementara untuk meeting room bisa memuat 8-10 orang.

Owner Volks.co, Faisal Abdillah bercerita, coworking space ini bisa digunakan oleh para komunitas, pekerja kreatif hingga perusahaan-perusahaan start-up di Pekanbaru.

‘’Kita menyediakan ruang kelas. Gak hanya (belajar) tentang kopi, tapi juga tempat kita belajar hal lainnya,’’ sebut Faisal. 

Coworking space yang ditawarkannya mengusung konsep industrial abstrak. Konsep ini direpresentasikan oleh dinding-dinding setengah jadi atau tanpa plaster. Di beberapa sisi lagi kelihatan dinding-dinding yang sudah diplester tapi tanpa dicat.

Lukisan mural aneka motif juga tampak memenuhi salah satu sisi dinding. Di function room yang memuat 40 orang, terdapat kursi-kursi berbentuk kotak yang terbuat dari kayu olahan. Pada dinding sebelah kiri, 4 pasang meja dan kursi sengaja dibuat saling berhadapan.

Beragam fasilitas disediakan Volks Facility. Mulai dari ruangan meeting room, wifi 20 Mbps (dengan sistem mac addres), kotak pos, loker, proyektor, air mineral gratis, TV LED 40 dan 50 inch serta sound system. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Ruang meeting di tempat ini berukuran lebih kurang 3 x 5 meter. Sisi dindingnya terbuat dari  kaca yang langsung menghadap ke jalan.

Ada banyak fasilitas pendukung yang disediakan bagi pengguna jasa ini. Mulai dari ruangan meeting room, wifi 20 Mbps (dengan sistem mac addres), kotak pos, loker, proyektor, air mineral gratis, TV LED 40 dan 50 inch serta sound system.

Volks.co juga menawarkan beberapa skema promo untuk pengguna coworking space ini. Meliputi member tahunan, member bulanan dan member harian

Member tahunan dipatok seharga Rp 1 juta/tahun/gadget. 10 pendaftar di awal akan mendapatkan semua fasilitas coworking space dan 30 kali penggunaan meeting room maksimal 2 jam.

Member bulanan dipatok Rp 100 ribu/bulan/gadget. Untuk 15 pendaftar di awal akan mendapatkan fasilitas coworking space, kecuali loker dan kotak pos. Termasuk 2 kali penggunaan meeting room maksimal 2 jam.

Sementara member harian dikenakan tarif hanya Rp 25 ribu/hari/gadget. Promo ini berlaku sampai tanggal 16 April 2016 dengan mendapatkan fasilitas coworking space kecuali loker, kotak pos dan meeting room. Namun, mendapatkan secangkir kopi gratis.

 

Volks Koffie

Di lantai 1 Gedung Volks, pengunjung dapat menikmati beragam varian kopi. Mulai dari Kopi Takengon hingga Kopi Manggarai. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Menuruni anak tangga menuju lantai 1, pengunjung bisa menikmati beragam varian kopi di Volks Koffie. Mulai dari aroma menggoda kopi Takengon, Aceh hingga khasnya cita rasa kopi Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Tak hanya menikmati, di Volks Koffie kita juga bisa mengenal keunikan minuman hitam pekat ini.

Coffee shop ini bertujuan untuk mengenalkan keunikan kopi lebih jauh dan menyesuaikan kebutuhan kopi terhadap customer.

Volks Koffie memberikan pelayanan unik bagi pelanggan, dimana pelanggan dapat mengenal proses pembuatan kopi dan karakteristik biji kopi itu sendiri. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Volks Koffie memberikan 2 sesi harga masing-masing sebagai berikut:

#SELAMATNGOPI: Dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB dengan banderol harga hanya Rp 10 ribu untuk semua produk basic espresso dan pastry.

#NYAMBINGOPI: Dimulai pada pukul 12.00 – 18.00 WIB dengan mematok harga Rp 15 ribu untuk semua produk basic espresso, manual brewing dan pastry.

#PRIMETIMENGOPI: Dimulai pada pukul 18.00 – 23.00 WIB dengan mematok harga Rp 20 ribu untuk semua basic espresso, manual brewing dan pastry.

Desain yang ditawarkan di lantai ini juga tak kalah menarik. Tulisan ‘’Volks Koffie’’ terpampang besar di bagian tembok.  Desain interior yang ditawarkan juga kelihatan menarik.

Uniknya, Volks Koffie juga membuat terobosan bernama Coffee Clinic. Dimana pengunjung dapat belajar lebih jauh tentang pembuatan kopi dan karakter biji kopi itu sendiri.

Dalam kelas ini akan dibahas bagaimana pengolahan biji kopi dalam bentuk manual brewing seperti shypon, pour over dan cold brew.  

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -