Begini Asal-Muasal Minuman Khas Riau Laksamana Mengamuk

By Trip Riau  |  21 Januari 2016 17:43:23 WIB  |  Culinary

Minuman khas Riau, Laksmana Mengamuk. Foto: Merdeka.com/fansculinary.com

Pekanbaru, tripriau.com - Jangan keburu takut mendengar kata “Laksamana Mengamuk”. Laksamana Mengamuk bukan berarti ada perang. Di Riau, Laksamana Mengamuk merupakan minuman dari buah kuini (sejenis mangga) dengan kuah santan dan campuran gula merah. Kenapa dinamakan Laksamana Mengamuk? Ini kisahnya.

Nama minuman ini berawal dari legenda kuno masyarakat Riau. Alkisah, pada suatu hari, seorang laksamana mengamuk di kebun kuini. Dia marah, karena istrinya dibawa lari oleh tuan tanah, pemilik kebun kuini tersebut.

Saking kesalnya, Sang laksamana menebas-nebaskan pedang yang dibawanya ke segala penjuru kebun. Puluhan buah kuini jatuh berserakan di tanah dan hancur terkena amukan pedang sang laksamana.

Setelah laksamana puas melampiaskan kemarahannya dan pulang, masyarakat yang sebelumnya hanya berani menonton, kemudian mendekat ke kebun kuini. Masyarakat memunguti buah-buah kuini yang berserakan di tanah.

Masyarakat bingung, mau mereka apakan buah kuini yang telah terkoyak-koyak pedang laksamana itu. Hingga akhirnya seorang ibu-ibu mendapat ide. Ibu tersebut mengumpulkan buah-buah kuini tersebut dan memasukkannya ke dalam kuah santan dan gula merah.

Lalu, ibu itu kemudian membagi-bagikan minuman tadi ke masyarakat desa. Ternyata, masyarakat menyukai minuman tersebut. Dari situlah nama nama Laksamana Mengamuk muncul.

Hingga sekarang, minuman ini tetap terjaga kelestariannya. Di beberapa daerah, masyarakat menjadikan minuman ini sebagai salah satu minuman khas saat bulan Ramadhan. Anda juga bisa mencicipi hidangan ini di beberapa rumah makan khas melayu Riau.

Sumber: Buku 57 Ikon Kuliner Tradisional Riau

Editor: Amelia Aidilla



Tags:  -