Mau Berwisata ke Air Terjun? Simak 5 Tips ini

By Trip Riau  |  22 Januari 2016 15:02:38 WIB  |  News

Air Terjun Guruh Gemurai. Doc tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com– Hai Tripers, berwisata ke air terjun memang sangat menyenangkan. Gemuruh air yang jatuh serta tempias air yang menimpa kita menghadirkan kepuasan tersendiri. Belum lagi tambahan keasrian alam di sekitar air terjun, hmm.. sempurna.

Apalagi, saat ini di Riau banyak ditemukan spot-spot air terjun baru. Mengunjungi air terjun pun kini selalu jadi pilihan menarik untuk berwisata.

Berwisata ke air terjun memang susah untuk ditolak. Bagi anda yang sudah memasukkan air terjun ke dalam list perjalanan Anda, jangan lupa ikuti 5 tips berikut yah:

1. Hati-hati saat musim hujan

Jika anda ingin berwisata ke air terjun, sebaiknya berhati-hati di musim hujan. Di musim ini air terjun memang sedang deras-derasnya dan indah untuk dilihat. Tetapi bsia berbahaya jika hujan deras turun.

Debit air yang jatuh akan bertambah besar. Ini tentu dapat membahayakan anda yang ingin main air di sana. Selain itu, aktivitas anda juga akan terhalang karena guyuran hujan.

2. Bawa pakaian ganti

Berwisata air terjun tidak afdol jika tidak nyebur! Berenang di kolam penampungan air terjun atau sekedar main-main air. Air yang dingin dan segar menjadi magnet tersendiri. Untuk itu bawa selalu baju ganti sebagai antisipasi baju yang basah karena digunakan untuk bermain air.

3. Hati-hati binatang liar

Air terjun umumnya berada di dalam hutan dan memiliki lingkungan yang alami. Hewan liar pun masih terdapat disana. Karenanya, anda harus berhati-hati selama berada di lingkungan air terjun. Jangan bertingkah dan mengganggu kehidupan hewan sekitar. Kalau di gigit atau disengat hewan, bisa repot.

4. Datang pagi hari, pulang sebelum gelap

Wisata air terjun lebih asyik jika dikunjungi di pagi hari. Ketika itu, udara masih sangat segar, perjalanan menuju air terjun jadi tidak terasa berat untuk medan yang agak susah dilalui.  Udara  pagi juga menjadikan bermain air menjadi lebih menyenangkan.

Untuk pulang, sebaiknya pilih waktu sebelum hari gelap. Ini demi keamanan dalam perjalanan, khususnya untuk air terjun yang berada di dalam hutan.

5. Siapkan peralatan khusus

Sebelum berangkat, cari tahu lokasi air terjun. Jika berada di kawasan yang cukup dalam, seperti hutan, siapkan sepatu yang memadai. Jangan gunakan sendal karena bisa saja ada hewan liar yang menggigit kaki anda.

Membawa perlindungan kamera, juga perlu. Anda tentu tidak mau kamera basah terkena cipratan air terjun, bukan?

Sumber: detiktravel

Editor: Amelia Aidilla



Tags:  -