Ini Dia 3 Tips Mendaki Gunung dari Komunitas PGI Riau

By Trip Riau  |  23 Januari 2016 20:01:24 WIB  |  News

Mengenali medan gunung yang akan didaki merupakan hal penting yang harus diketahui sebelum memulai pendakian. Foto: Doc COP

Pekanbaru, tripriau.com- Mendaki gunung saat ini bukan lagi jadi sesuatu yang langka. Semua orang bisa mendaki gunung, hingga kegiatan ini kini mejadi sebuah tren. Meskipun tergolong tidak sulit lagi, banyak pendaki yang tidak memperhatikan keselamatan dan kelestarian alam saat melakukan aktivitas ini.

Mendaki gunung adalah salah satu cara menikmati alam. “Banyak masyarakat sekarang sudah menjadikan gunung sebagai tempat berwisata. Bahkan unutk pasangan berbulan madu juga memilih gunung sebagai salah satu destinasinya,” ujar Roby Kurniawan, Ketua Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (PGI) Korwil Riau.

Seiring dengan ramainya pendaki yang bertandang ke gunung, alam pun menjadi korban. Roby juga mengkhawatirkan para pendaki yang tidak safety saat melakukan pendakian.

Untuk itu, teman-teman komunitas PGI berbagi beberapa tips untuk para pendaki lainnya. Berikut tips dari PGI yang mereka bagikan kepada tripriau.com:

1. Siapkan Itinerary atau Rencana Perjalanan

Sebelum anda melakukan pendakian, itinerary adalah hal pertama yang harus anda siapkan.  Rencana perjalanan menjadi panduan anda untuk memulai segala persiapan selanjutnya. Pastikan gunung mana yang ingin anda daki. Rencanakan juga berapa lama anda akan melakukan pendakian.

Selain itinerary yang telah anda susun, ada baiknya juga menyelipkan plan B. Karena kita akan mengadakan kegiatan outdoor, kelancaran perjalanan tergantung alam sepenuhnya.

2. Kenali Lapangan

Sebelum mendaki, kenali medan gunung tujuan anda terlebih dahulu. Pelajari medan, cuaca dan segala kemungkinan yang dapat terjadi selama pendakian anda. Suhu di perjalanan, suhu puncak, kontur tanah, kemiringan medan, dan terjalnya tanjakan juga harus anda ketahui.

Hal ini bertujuan untuk mematangkan persiapan anda dan mengukur kemampuan anda. Apakah anda sanggup melewatinya atau tidak. Untuk pendaki pemula, PGI menyarankan untuk memulai pendakian di gunung-gunung yang memiliki tingkat kesulitan lebih rendah.

3. Safety First

Dalam pendakian, keselamatan diri adalah hal utama yang harus diperhatikan. “Jangan bermain-main dengan nyawa,” tegas Roby.

Bawalah peralatan sesuai kebutuhan. Semakin berat medan pendakian, semakin banyak perlindungan yang harus anda bawa. Untuk gunung-gunung yang memiliki tingkat oksigen rendah di puncaknya, tabung gas oksigen wajib menjadi bawaan anda ke puncak untuk menghindari kekurangan oksigen.

Demikian tiga tips yang benar-benar ditekankan PGI kepada para pendaki gunung. Selain itu, PGI juga menganjurkan untuk menghindari membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan. Sesuaikan juga bawaan anda dengan kapasitas tubuh. Karena bawaan yang melebihi kapasitas tubuh dapat membuat anda cedera.

Penulis: Amelia Aidilla

Editor: Rio Sunera



Tags:  -