Ingin Nostalgia dengan Mainan Tempo Dulu? Yuk, Datang ke Acara Ini

By Trip Riau  |  26 Januari 2016 15:13:33 WIB  |  News

Dimensi Tempo Doeloe ini merupakan suatu acara yang mengangkat permainan, jajanan dan makanan serta pameran tempo dulu. Foto: Panitia Dimensi Tempo Doeloe for tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Ingin bernostalgia dengan aneka permainan, jajanan hingga makanan masa kecil? Bila, ya, maka kamu wajib datang ke acara ‘’Dimensi Tempo Doeloe’’ yang akan digelar pada Ahad, 31 januari 2016 mendatang, di Taman Putri Kaca Mayang, Pekanbaru.

Dimensi Tempo Doeloe ini merupakan suatu acara yang mengangkat permainan, jajanan dan makanan serta pameran tempo dulu. Kegiatannya digelar oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau.

Tak hanya menikmati permainan, pengunjung nantinya juga bisa membeli jajanan masa kecil yang mungkin sudah sulit ditemukan. 

‘’Tujuan kita sebenarnya adalah untuk mengangkat potensi wisata. Salah satunya memperkenalkan objek wisata Taman Putri Kacang Mayang,’’ kata Sekretaris Pelaksana Dimensi Tempo Doeloe, Putri, kepada tripriau.com, Selasa (26/1) di Pekanbaru.

Putri menambahkan, melalui kegiatan ini objek wisata Taman Putri Kacang Mayang yang dulu sempat jaya bisa kembali diperkenalkan kepada masyarakat.

Ada lebih kurang 32 jenis permainan dan 28 jajanan yang bisa ditemui di acara ini.

Beberapa permainan ini antara lain, Enggrang, Yoyo, Batok Kelapa, Gasing Kayu, Lompat Tali, Congklak, Patuk Lele, Bethil-bethilan, Bongkar Pasang, Kelereng, Ular Naga, Ular Tangga, Bola Bekel, Setatak, Cakbur/Gobak Sodor, Bakiak, Meriam Bambu, Ketapel, Kartu Gambar, Sambar Lakon, Pak Polisi, Telepon Tali, Lulu Cina Buta, Buah Para dan masih banyak lagi.

Ada juga beragam jajanan tempo dulu yang bisa dinikmati saat berlangsungnya acara. Mulai dari Coklat Payung, Mi Gemez, Es Potong, Es Parut, Telur Gulung, Kerupuk Ganepo, Es Lilin, Kue Sagon, Borobudur, Kerupuk Jagung, Pendekar Biru, Hot Hot Pop, Astor, Nyam-nyam, Mister Pop, Permen Hex, Nano Nano, Magic Pop, Taro, Jari Jari, Opak dan jajanan lainnya.

Selain permainan dan jajanan tempo dulu, para pengunjung juga bisa melihat pameran barang antik. Ada sedikitnya 20 barang antik yang akan dipamerkan.

Sebelum kegiatan digelar, acara akan diisi dengan talkshow yang menghadirkan narasumber, Sejarahwan Riau Prof Suwardi MS dan pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau.

‘’Di talkshow ini narasumber akan memperkenalkan tentang permainan-permainan ini,’’ tambah Putri.   

Nah, bagi pengunjung yang tidak mengerti tentang aturan-aturan dalam permainan yang ditampilkan, panitia juga akan menggelar simulasi sebelum permainan digelar. ‘’Kita kasih tau petunjuk-petunjuknya,’’ katanya lagi.  

Acara ini sendiri dimulai dari pukul 10 pagi sampai pukul 5 sore. Untuk masuk pengunjung cuma dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.  

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -