Sayang, Banyak Cinderamata di Komplek Istana Siak bukan Produk Lokal

By Trip Riau  |  06 Februari 2016 14:24:50 WIB  |  News

Tempat penjualan souvenir atau cinderamata yang berada di dalam komplek Istana Siak. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Siak Sri Indrapura, tripriau.com – Bila anda berkunjung ke Istana Siak di Kabupaten Siak, pasti akan menemukan beberapa penjual souvenir atau cinderamata. Tapi, sayangnya sebagian besar produk yang dijual ini bukan produk lokal alias masih dipasok dari luar daerah.

Jenis cinderamata yang dijual di komplek istana ini sebenarnya cukup lengkap. Mulai dari miniatur-miniatur, aksesoris, kuliner, t-shirt dan pernak-pernik lainnya.

Tapi salah satu pedagang mengaku, sebagian besar produk-produk yang dijualnya diproduksi di Pulau Jawa. Terutama dari Jakarta.

Mulai dari t-shirt, tas, taplak meja, miniatur Lancang Kuning, miniatur vespa, miniatur mobil, kotak perhiasan, jam dinding, tempat cemilan, gantungan kunci dan beragam aksesoris lainnya. Produk-produk yang dijual ini bermotif lokal.

Hanya beberapa produk makanan dan madu yang asli produk tempatan.

Beragam produk yang acap dibeli wisatawan sebagai oleh-oleh ini biasanya dijual mulai dari Rp 3.000 hingga yang paling mahal Rp 300 ribu. 

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi IV DPRD Siak Androy Ade Rianda mengaku, sebagai kota wisata Siak memang masih memiliki banyak kekurangan.

‘’Inilah yang balik lagi kami katakan, kami melihat kekurang (pariwisata Siak) di sana-sini. Oleh-oleh seperti gantungan kunci, baju dan lain-lain yang dijual dibuat bukan oleh orang lokal, tapi dari luar Siak,’’ katanya. 

Makanya, kata Roy, pihaknya merekomendasikan kepada dinas terkait untuk menjadikan kampung-kampung atau desa yang memiliki potensi wisata.

‘’Contohnya di Tualang (Perawang) ada pengrajin rotan, kita jadikan itu sebagai sentra kerajinan rotan. Jadi, wisatawan yang datang ke Siak juga bisa datang ke kampung-kampung ini untuk langsung melihat dan membeli kerajinan lokal. Contohnya gantungan kunci tadi dan baju-baju sablon,’’ jelasnya kepada tripriau.com beberapa waktu lalu di Siak.

Roy memastikan, bila ini dilakukan tentunya akan menambah income dan juga membuka lapangan kerja masyarakat lokal.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -