Inilah Gadget yang Wajib Dibawa Saat Liburan

By Trip Riau  |  06 Februari 2016 15:38:09 WIB  |  News

Gadget yang harus dibawa saat liburan. Foto: techcrunch.com

Tripriau.com – Saat traveling, gadget menjadi salah satu barang yang wajib dibawa. Apabila gadget lupa dibawa atau ketinggalan di rumah, maka ada sesuatu yang dirasa kurang saat perjalanan.

Apalagi saat ini, gadget memiliki banyak fungsi dan dbutuhkan sekali dalam perjalanan.  

Nah, berikut daftar gadet yang wajib dibawa saat memutuskan untuk pergi traveling ke sebuah tempat seperti dikutip dari situs bisnis.com:

 

1. Smartphone (ponsel pintar)

Inilah gadget utama yang harus dibawa. Bawa ponsel pintar yang telah dilengkapi fasilitas multimedia, terkoneksi internet, dan memiliki fitur GPS. Jangan lupa menyertakan pelindung ponsel seperti anti gores dan sarung anti air, terutama bila hendak beraktivitas di alam terbuka.

Maksimalkan kecanggihan ponsel pintar untuk liburan, salah satunya pemesanan akomodasi. Saat ini telah ada aplikasi khusus ponsel untuk melakukan pemesanan tiket dari beragam maskapai, seperti pemesanan tiket garuda indonesia atau maskapai Citilink di travel agent online melalui aplikasi yang bisa diunduh di Playstore (android) atau Appstore (iOS).

Selain itu, ponsel pintar juga dapat digunakan untuk mencari beragam informasi selama di tempat liburan. Tidak perlu lagi repot-repot membawa peta khusus karena Anda bisa menemukan rute perjalanan terbaik lewat aplikasi GPS di ponsel. Bahkan, ponsel Anda juga bisa digunakan sebagai senter saat darurat.

Selain ponsel pintar, Anda perlu membawa ponsel satelit, terutama jika destinasi liburan berada di daerah pedalaman. Ponsel satelit membantu Anda tetap bisa berkomunikasi ke luar jikalau ponsel pintar Anda tidak terjangkau sinyal.

 

2. Kamera

Aplikasi kamera di ponsel sebaiknya Anda gunakan lebih untuk keperluan postingan sosial media. Untuk kenang-kenangan dengan kualitas lebih baik, tentu kamera saku lebih tepat. Anda lebih bisa mengeksplor foto menggunakan kamera saku. Anda juga dapat menghemat daya ponsel agar tidak cepat habis karena terlalu banyak mengambil foto.

Pastikan Anda membawa perlengkapan tambahan utama untuk kamera, seperti memori cadangan, baterai cadangan, serta gorila pod. Gorila pod merupakan sebuah tripod mungil yang kakinya bisa melilit, sehingga Anda bisa meletakan kamera di manapun, termasuk melilitkannya pada tiang ketika tidak ada bidang datar untuk mendirikan kamera. Ukurannya yang kecil tentu lebih praktis dibanding tripod.

Jika Anda hendak melakukan kegiatan di alam saat liburan, kamera yang harus Anda bawa adalah Go-Pro. Kamera berukuran mungil ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto di medan ekstrim sekalipun, seperti hutan, pegunungan, dalam laut, danau dan sungai. Tentu bagian ini tidak dapat dilakukan dengan ponsel Anda, bukan?

 

3. Universal adapter

Colokan listrik universal sangat penting dibawa karena tidak semua tempat menginap menyediakan colokan yang sesuai dengan pengisi daya dari perangkat yang kita miliki. Apalagi jika kita berkunjung ke negara lain.

Multicord (steker dengan minimal 3 cabang)

Rata-rata tempat menginap menyediakan steker dalam jumlah sedikit (biasanya hanya 2). Multicord menjadi penyelamat jika gadget Anda kehabisan daya di waktu bersamaan.

 

4. Powerbank

Daya ponsel Anda pasti cepat terkuras selama liburan, terutama jika Anda banyak menggunakannya baik untuk berselancar di dunia maya, berkomunikasi, dan mengambil foto. Powerbank harus Anda bawa untuk mengantisipasi jika daya ponsel hampir habis di tempat yang jauh dari sumber listrik. Powerbank juga membuat Anda tetap bisa beraktivitas kesana kemari membawa ponsel selagi dayanya diisi.

Biasakan untuk mengisi daya powerbank saat Anda tengah beristirahat di penginapan. Waktu tidur adalah saat yang paling tepat.

 

5. Memori cadangan

Bawalah memori cadangan untuk kamera Anda minimal dua kali lipat kapasitas memori utamanya. Benda ini harus dibawa agar Anda tetap leluasa menangkap sebanyak mungkin momen liburan melalui kamera. Jangan membeli memori di tempat liburan. Selain belum tentu tersedia, harganya bisa jadi jauh lebih mahal.

 

6. Tas serbaguna anti-air

Satukan semua gadget Anda dalam tas khusus yang mudah Anda jangkau. Gunakan tas anti air karena gadget Anda rentan rusak. Saat ini telah banyak tas travelling anti air yang tersedia dengan beragam model unik dan ukuran yang sesuai kebutuhan. Pilih pula yang bahannya tebal sehingga mampu meredam benturan.

 

7. Jam tangan anti-air

Selain arloji kesayangan, Anda harus membawa jam tangan khusus untuk travelling. Jam tangan ini biasanya anti air, anti embun dan lumpur, serta tahan banting. Selagi bermain air di laut, atau terkena lumpur saat mendaki gunung, Anda tetap masih bisa memantau waktu dengan leluasa.

 

Editor: Rio Sunera



Tags:  -