RIMEX 2016 dan Upaya Mengangkat Industri Kreatif di Riau

By Trip Riau  |  13 Februari 2016 21:58:43 WIB  |  News

 Riau International Music Exhibition (RIMEX) 2016 rencananya akan digelar pada April 2016 mendatang. Foto: Panitia RIMEX 2016 for tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Event perdana Riau International Music Exhibition (RIMEX) 2016 rencananya akan digelar pada April 2016 mendatang. Apa dan bagaimana gelaran RIMEX 2016 ini?

RIMEX 2016 ini merupakan kegiatan musik yang menggabungkan 3 konten yakni, Edukasi, Karnaval, dan Bazar. Dilaksanakan oleh W.E.B Art Work, sebuah zona kreatif yang berisi anak-anak muda kreatif.

Ajang ini menjadi kesempatan baik untuk memperkenalkan para pelaku industri kreatif di Provinsi Riau.

Di acara ini, sebanyak 1000 musisi lokal akan bermain musik bersama membawakan lagu Melayu yang telah di aransemen.

Founder RIMEX 2016, M Ikhsan menyampaikan, event yang rencananya akan digelar di Bandar Serai ini memiliki beberapa visi.

Dari segi edukasi misalnya, gelaran ini diharapkan menjadi stimulan bagi para pelaku industri kreatif di bidang seni musik untuk berkarya. Serta menjadikan bisnis kreatif dari karya-karya yang telah dibuat.

‘’Semacam stimulan atau pemicu bagi teman-teman pelaku industri kreatif di segi seni musik, baik populer maupun tradisi untuk terus berkarya. Dari segi karnaval, ini menjadikan para musisi Riau dan semua stake holder bersatu,’’ ungkapnya.

Sementara dari sisi bazar, kegiatan ini diharapkan mampu dimanfaatkan para pelaku industri kreatif di Riau untuk mempromosikan produk-produknya.

Ikhsan menambahkan, kegiatan ini bisa menciptakan kegiatan musik secara kontinyu yang menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif di bidang seni musik, kerajinan dan korporasi lokal di Riau.

‘’Menciptakan sumber daya manusia, dalam hal ini anak muda Riau yang kreatif dan inovatif dalam industri kreatif,’’ kata pengajar musik di Sekolah Tinggi Seni Riau ini.

Lalu, apa yang menjadi nilai tambah dari kegiatan ini?

Ikhsan menuturkan, perhelatan ini bisa menjadi event tahunan terbesar di Riau untuk musik edukasi dan karnaval.

‘’Serta menjadikan Riau sebagai destinasi wisata event. Lebih memperkenalkan slogan ’Riau The Homeland of Melayu’ dengan menggabungkan tradisi melayu dan modern,’’ katanya lagi.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -