ASITA Riau Akan Garap Wisatawan Asean

By Trip Riau  |  25 Februari 2016 16:52:44 WIB  |  News

Dede Firmansyah Pimpin Asita Riau 2016-2020. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Pasca Musda pekan lalu, Asociation of  The Indonesian Tour and Travel Agencies (ASITA) Riau dibawah nakhoda Dede Firmansyah langsung bergerak cepat.

Setelah memenuhi undangan Bupati Siak selang sehari setelah Musda, ASITA bersiap untuk mencari informasi tentang potensi pariwisata Riau.

Informasi potensi wisata tersebut akan menjadi referensi untuk menjual pariwisata Riau ke luar.

‘’Kita datangi kabupaten-kabupaten. Potensi apa yang bisa dijual di sana. Kita akan gali informasi,‘’ kata Dede Firmansyah kepada tripriau.com, Rabu (24/2), di Pekanbaru.

Sesuai instruksi Plt Gubernur Arsyadjuliandi Rachman untuk mendatangkan wisatawan ke Riau, jelas target ASITA adalah mendatangkan wisatawan ke Bumi Lancang Kuning.

Apalagi selama ini orang Riau lebih senang plesiran ke negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura, dari pada melakukan perjalanan di daerah sendiri.

Namun, Dede menyebut belakangan wisatawan asal Malaysia juga banyak melakukan kegiatan Sport Tourism, khususnya golf di Pekanbaru. 

Dede menambahkan, sesuai semangat ‘The Homeland of Melayu’ yang diusung pemerintah, maka pangsa pasar yang ideal disasar adalah Asean.

‘’Kita ingin undang tour dan travel di negara-negara Asean supaya datang ke Riau. Seperti di Malaysia ada namanya Matta, kita undang datang ke Riau, terus kita jual (wisata Riau),’’ sebutnya.

Dari sekian banyak destinasi wisata Riau yang layak jual, Dede menyebut pariwisata di Kabupaten Siak punya potensi besar.

‘’Sebab Siak punya iven internasional Tour de Siak, infrastruktur jalan yang bagus, dan wisata sejarah yang layak jual,’’ tambahnya.   

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -