Kata Ketua ASITA Riau Tentang Pariwisata Siak

By Trip Riau  |  26 Februari 2016 11:08:13 WIB  |  News

Danau Zamrud. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Siak memiliki modal besar untuk menjadi destinasi wisata terbaik di Riau. Sebagai tujuan wisata, kota di sebelah utara Pekanbaru ini memiliki banyak sekali daya tarik. Namun, untuk menjadi destinasi ideal Siak masih harus banyak berbenah. 

Salah satunya, menurut Ketua ASITA Riau Dede Firmansyah, Siak saat ini sudah harus memiliki hotel berbintang. Minimal kategori bintang dua.

Dengan ketersediaan hotel yang bagus, tamu bisa menginap lebih lama dan mengeluarkan uangnya di Siak. ‘’Selama ini kan ngabiskan uangnya di Pekanbaru,’’ sebut Dede.

Ketersediaan fasilitas penginapan seperti homestay juga menjadi perhatian pria satu ini. Dia mencontohkan homestay yang ada di objek wisata Kampung Mempura.

‘’Ada lebih kurang 10 homestay yang ada di sana. Tapi fasilitas masih kurang. Cuma pakai kipas angin. Padahal, Siak kan panas,’’ bebernya.

Dia menyarankan untuk mencontoh Malaysia terkait pengelolaan homestay. Menurutnya, di negeri Jiran itu homestay yang dimiliki masyarakat disupport dan dibiayai pemerintah.

‘’Misal, 1 rumah ada 3 kamar, yang 1 kamarnya dibiayai pemerintah. Disupport pemerintah. Mudah-mudahan pemerintah juga bisa lah mensupport. Intinya bertahap,’’ imbuhnya.

Dia juga memberi saran agar iven balap sepeda internasional Tour de Siak yang rutin digelar tiap tahun bisa dimaksimalkan lagi. Mulai dari penambahan etape hingga rangkaian acara.

‘’Biar lebih menarik mungkin dibuat juga rangkaian acara (Tour de Siak), misalnya iven musik internasional,’’ cetusnya.

Dede berharap, ke depannya Tour de Siak juga bisa melibatkan daerah-daerah yang tergabung dalam Pekansikawan. Di mana selain Siak ada Pekanbaru, Kampar dan Pelalawan.

‘’Tetap saja namanya Tour de Siak. Tapi untuk etape sertakan daerah-daerah ini (Pekansikawan). Biar lebih panjang (etapenya) seperti Tour de Singkarak,’’ tuturnya kepada tripriau.com, Rabu (24/2), di Pekanbaru.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -