Tahun ini, 25.000 Wisatawan Ditargetkan Datang ke Pekanbaru

By Trip Riau  |  27 Februari 2016 18:34:17 WIB  |  News

25.000 Wisatawan Ditargetkan Datang ke Pekanbaru Tahun Ini. Foto: Doc tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, menargetkan sebanyak 25.000 wisatawan berkunjung ke Pekanbaru di tahun 2016 ini.  

"Tahun ini kami optimis pulih, dengan asumsi tidak akan ada kabut asap lagi yang melanda Provinsi Riau seperti tahun lalu," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pekanbaru, Hermanius.

Seperti dikutip dari laman resmi kota Pekanbaru, pekanbaru.go.id Hermanius menerangkan, pihaknya tetap harus optimis kunjungan wisata Pekanbaru kembali normal lagi tahun ini.

"Makanya kami pasang target 25.000 seperti capaian tahun 2014," tuturnya.  

Pemerintah Kota (Pemko) akan melakukan berbagai upaya untuk mendorong jumlah kunjungan wisata tetap tinggi.

Salah satunya, mengemas tradisi Petang Megang menjadi sebuah atraksi budaya menarik yang mampu mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Agenda mandi balimau yang jadi tradisi Melayu tiap menyambut awal bulan puasa Ramadhan di tepian Sungai Siak diharapkan bisa mendongkrak kunjungan.  

"Kami sudah merancang ada agenda ikutan dan rentetan kegiatan dua-tiga hari sebelum puncak petang megang," bebernya.   Kawasan tepian Sungai Siak yang secara bertahap sudah disulap kenyamanan dan tata ruang wisatanya akan dipoles lagi dengan berbagai iven pertunjukan, pameran, bazar makanan dan pakaian serta pentas seni dan sebagainya.

"Kami berharap rangkaian wisata petang megang akan menarik kunjungan beberapa hari di Pekanbaru," tambahnya.   Hermanius mengakui, tahun lalu kunjungan wisata lokal dan mancanegara ke Pekanbaru diperkirakan mengalami kemerosotan sekitar 5.000 orang, pasca lumpuhnya transportasi udara SSK II akibat kabut asap.Perkiraan ini diluar dugaan dan target awal tahun.

"Kabut asap yang menyelimuti selama ini berpengaruh kepada target wisata Pekanbaru jadi turun 5 persen ditahun 2015," ungkapnya.

Editor: Rio Sunera



Tags:  -