Plat BM1912: Kenalkan Budaya Melayu Melalui Desain-desain Kekinian

By Trip Riau  |  01 Maret 2016 17:22:57 WIB  |  Business

Salah satu Contoh kaos bertuliskan ‘’Apa tanda melayu terpuji besarnya karena percaya diri’’ menjadi produk yang cukup laris dan dicari. Foto: Muhammad Ridho / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Brand kaos khas Riau Plat BM1912 melakukan inovasi terhadap motif desainnya. Bila sebelumnya mengangkat identitas Riau secara umum, kali ini mulai spesifik memperkenalkan budaya melayu melalui desain-desain kekinian.

Owner Plat BM1912, Muhammad Reyhanougy menjelaskan, konsep desain bertemakan melayu ini mulai diluncurkan ke pasar pada penghujung tahun 2015 lalu.

Dia menuturkan, ingin memperkenalkan budaya melayu dengan cara anak muda dan kekinian. Melalui desain-desain yang mampu menarik perhatian anak muda.  

‘’Tujuannya memang untuk mengenalkan budaya melayu. Sebelumnya, kan, kita mengangkat Pekanbaru atau Riau secara umum. Orang tahunya Riau negeri minyak, ke depan Riau juga sebagai peradaban melayu’’ katanya. (Baca juga: Berburu Kaos Unik dari Riau? Di Plat BM1912 Aja)

Reno, sapaannya, berusaha mengaplikasikan petuah-petuah maupun tunjuk ajar yang ada di masyarakat melayu pada kaos-kaosnya. Motif desainnya ditonjolkan melalui kata-kata atau istilahnya typografi.

Untuk memilih kata-kata yang akan diangkat, dia melakukan survey melalui buku-buku yang ada di Pustaka Wilayah Soeman HS. ‘’Sebagian besar dari buku-buku Tenas Effendy,’’ katanya kepada tripriau.com.

Respon pasar terhadap motif-motif baru ini cukup positif. ‘’Karena mungkin orang ingin sesuatu yang beda. Karena kita juga sadar selama ini (tema Riau) yang diangkat masih umum. Kita lebih ke budaya,’’ imbuhnya.  

Contohnya, kaos bertuliskan ‘’Apa tanda melayu terpuji besarnya karena percaya diri’’ menjadi produk yang cukup laris dan dicari.

Penulis: Rio Sunera  



Tags:  -