Lima Cara Menikmati Kopi di Lima Negara

By Trip Riau  |  08 Maret 2016 14:15:05 WIB  |  News

Masing-masing tempat di dunia punya cara berbeda dalam menikmati kopi. Foto: Doc. tripriau.com

 

TRIPRIAU.com – Demam kopi terjadi dimana-mana. Penuh keunikan, minuman hitam pekat ini begitu digemari. Tempat-tempat ngopi pun muncul di berbagai tempat. Dan ternyata, masing-masing tempat di dunia punya cara berbeda dalam menikmati kopi.

Berikut kami rangkum lima cara menikmati kopi di lima negara di dunia:

  1. Roma, Italia

Espresso menjadi populer setelah pabrikan La Pavoni menyempurnakan mesinnya pada 1905. Menuangkan air yang amat panas ke bubuk kopi halus, dengan selapis crema di permukaannya. Warga Romania telah menyesap espresso sejak 1938 di Sant’Eustachio Il Caffe, lokasinya di dekat Pantheon.

  1. H0 Chi Min City, Vietnam

Orang Prancis memperkenalkan kopi di Vietnam pada 1857. Diracik dengan penyaring metal porsi tunggal (disebut phin) yang bertumpu pada cangkir berisi susu kental manis. Campuran ini diaduk dan dituang ke atas es. Cicipi di patio kopi Trung Nguyen, salah satu waralaba terbesar negara ini di Pham Ngu Lao Street nan ramai.

  1. Addis Ababa, Etiopia

Di negara asal kopi, pengunjung hanya dapat mengalami upacara kopi tradisional di rumah-rumah pribadi. Upacara ini juga termasuk memanggang biji kopi segara di atas batu bara dan menyeduh bubuknya tiga kali sembari membakar dupa. Kini, warga modern mereguk kopi hitam, bahkan macchiato, di kafe milik keluarga Tomoca di Piazza.

  1. Stockholm, Swedia

Swedia termasuk negara pengonsumsi kopi terbesar di dunia, yang mungkin pengaruh tradisi Fika. Coffee break harian sambil mengudap, biasa dilakukan di rumah, tempat kerja, atau kafe seperti Vete-Katten di Stockholm. Roti kayu manis atau semlor-nya termashyur merupakan pasangan serasi untuk secangkir kopi hangat.

  1. Macau, Tiongkok

Teh hitam, yang merupakan warisan pemerintahan Inggris di Hongkong, disaring dengan secarik kain. Lalu, dikombinasikan dengan susu kental manis dan kopi untuk membuat secangkir yuanyang. Di seberang Pearl River Delta di Macau, World Record Coffee telah menyajikan yuanyang selama 45 tahun, denga pendampingan berupa roti yang dibakar di atas arang dan dituangi sirup susu.

Sumber: National Geographic Traveler

Editor: Rio Sunera



Tags:  -