Aksi Peselancar Lokal Jadi Salah Satu Daya Tarik Bono

By Trip Riau  |  16 Maret 2016 13:15:07 WIB  |  News

Para peselancar lokal Teluk Meranti, Pelalawan, tengah ''menunggangi'' Bono. Foto: Amelia Aidilla/tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Selama ini banyak peselancar asing mendatangi Teluk Meranti, Pelalawan, untuk menjajal dahsyatnya gelombang Bono. Terakhir, tiga peselancar asal Australia memecahkan rekor dunia di sana.

Namun, aksi para peselancar lokal Teluk Meranti berhasil menjadi daya tarik sendiri. Hampir setiap hari anak-anak muda di Teluk Meranti ‘’menunggangi’’ Bono. Modal mereka, papan surfing bantuan pemerintah. Beberapa pemuda lainnya ada juga yang bermodalkan papan surfing buatan sendiri.

Sekitar tahun 2013, hanya segelintir pemuda Teluk Meranti yang hobi berselancar. Sekarang jumlahnya bertambah lebih kurang 40 orang. Dulu sempat ditakuti, sekarang Bono justru jadi hiburan bagi masyarakat Teluk Meranti.

Kadisparekraf Provinsi Riau Fahmizal, melalui Kasi Pengembangan Pasar Zul Achyar mengatakan, apa yang dilakukan peselancar lokal Teluk Meranti ini perlu mendapat dukungan.

‘’Kita sedang carikan caranya agar mereka bisa terangkat. Minimal, ada kejuaraan lokal yang digelar dua kali dalam setahun,’’ kata Yul kepada tripriau.com, Rabu (16/3), di Gedung Disparekraf, Komplek Bandar Serai, Pekanbaru. 

Yul bercerita, aksi peselancar lokal ini cukup atraktif dan menghibur. Sebab, mereka sudah terbiasa dengan ombak Bono.

‘’Mereka biasanya lebih atraktif. Kalau surfer asing kan biasanya hanya mengejar rekor,’’ katanya lagi.

Yul juga menambahkan, pada April 2016 mendatang, gelombang Bono akan kedatangan sebanyak 20 orang turis mancanegara.

‘’Dan ini kalau dijaga Sapta Pesona nya kan semakin ramai. Apalagi kondisi jalan sudah mulai bagus,’’ sebutnya.

Penulis: Rio Sunera

 

 



Tags:  -